ANALISIS PERBANDINGAN SIKAP KONSUMEN DALAM PENENTUAN MINAT BELI PRODUK RAMAH LINGKUNGAN (GREEN PRODUCT) DAN PRODUK TIDAK RAMAH LINGKUNGAN (NON GREEN PRODUCT) BERDASARKAN PERSPEKTIF MANAJEMEN BISNIS SYARIAH (Studi Pada Masyarakat Kota Bandar Lampung)

Melia, Purwita Sari (2022) ANALISIS PERBANDINGAN SIKAP KONSUMEN DALAM PENENTUAN MINAT BELI PRODUK RAMAH LINGKUNGAN (GREEN PRODUCT) DAN PRODUK TIDAK RAMAH LINGKUNGAN (NON GREEN PRODUCT) BERDASARKAN PERSPEKTIF MANAJEMEN BISNIS SYARIAH (Studi Pada Masyarakat Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Melia Purwita Sari.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan sampah yang meningkat pada tahun 2022 ini disebabkan karena banyak masyarakat yang menggunakan produk yang menimbulkan sampah plastik. Sampah plastik ini menjadi permasalahan sampah yang belum mengalami penurunan selama 2 tahun terakhir. Keadaan ini tidak terlepas dari kegiatan konsumen dalam belanja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap konsumen dan juga untuk mengetahui perbedaan sikap konsumen dalam penentuan minat beli produk ramah lingkungan (green product) dan produk tidak ramah lingkungan (non green product) melalui atribut produk. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan komparatif. Teknik pengambilan sampel ini adalah dengan teknik purposive sample yaitu dengan kriteria masyarakat Kota Bandar Lampung yang berada di kelurahan Way Dadi yang mengetahui produk ramah lingkungan (green product) dan produk tidak ramah lingkungan (non green product) dan yang menggunakan produk ramah lingkungan (green product) dan produk tidak ramah lingkungan (non green product). Jumlah sample dalam peneitian ini adalah 20 sample. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara dengan responden. Data primer didapatkan dari hasil wawancara dengan responden mengenai sikap konsumen serta perbedaannya dalam penentuan minat beli produk ramah lingkungan (green product) dan produk tidak ramah lingkungan (non green product). Sedangkan data primer diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS), Sistem Informasi Penanggulangan Sampah Nasional (SIPSN), Buku, Jurnal dan Artikel. Semua data tersebut merupakan bahan-bahan untuk mendeskripsikan sikap konsumen dan perbedaannya dalam penentuan minat beli produk ramah lingkungan (green product) dan produk tidak ramah lingkungan (non green product). Hasil analisis penelitian didapatkan bahwa sikap konsumen terhadap produk ramah lingkungan (green product) dan produk tidak ramah lingkungan (non green product) menunjukkan bahwa konsumen merasa ada manfaat yang didapatkan pada masing-masing produk. Responden menyatakan bahkan manfaat yang didapatkan pada produk ramah lingkungan (green product) memiliki manfaat yang baik, sedangkan manfaat yang didapakan pada produk tidak ramah lingkungan (non green product) responden menyatakan manfaat yang didapatkan kurang baik apalagi terhadap lingkungannya. Sikap konsumen terhadap produk ramah lingkungan (green product) dan produk tidak ramah lingkungan (non green product) menunjukkan sikap bahwa konsumen merasa puas dan merasa tenang ketika menggunakan produk ramah lingkungan (green product). Sedangkan sikap konsumen terhadap produk tidak ramah lingkungan (non green product) konsumen merasa kurang puas dan merasa bersalah ketika menggunakan produk yang menimbulkan sampah. Hasil penelitian pada perbedaan sikap konsumen dalam penentuan minat beli produk ramah lingkungan (green product) dan produk tidak ramah lingkungan (non green product) dilihat dari atribut kualitas, kemasan, jaminan dan kandungannya. Responden menyatakan bahwa kualitas yang dimiliki produk ramah lingkungan (green product) memiliki kualitas yang tahan lama bisa dipakai berkali-kali, kemasan yang baik tidak menimbulkan sampah sehingga memiliki jaminan terhadap lingkungan dan memiliki kandungan yang diyakini memiliki kandungan yang baik tidak merusak atau mencemari lingkungan. Sedangkan responden menyatakan bahwa kualitas produk yang dimiliki produk tidak ramah lingkungan (non green product) memiliki kualitas tidak tahan lama (sekali pakai), lebih praktis dan lebih murah, hal inilah yang menjadi minat responden untuk membeli produk tidak ramah lingkungan (non green product). Kata Kunci : Sikap, Minat Beli, Produk Ramah Lingkungan (Green Product), Produk Tidak Ramah Lingkungan (Non Green Product).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Oct 2022 02:30
Last Modified: 21 Oct 2022 02:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21428

Actions (login required)

View Item View Item