PENGARUH EFEKTIVITAS DAN PENGELOLAAN DANA PKH TERHADAP TINGKAT KESEJAHTERAAN KELUARGA PENERIMA MANFAAT PADA PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Program PKH di Kel. Labuhan Ratu Raya Kec. Labuhan Ratu Kota Bandar Lampung)

Meliyani, Meliyani (2022) PENGARUH EFEKTIVITAS DAN PENGELOLAAN DANA PKH TERHADAP TINGKAT KESEJAHTERAAN KELUARGA PENERIMA MANFAAT PADA PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Program PKH di Kel. Labuhan Ratu Raya Kec. Labuhan Ratu Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI  Meliyani.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu upaya dalam mensejahterakan masyarakat dan meminimalisir tingkat kemiskinan maka, pemerintah meluncurkan program PKH yang diharapkan dapat membantu masyarakat kurang mampu dalam mencapai kesejahteraan sosial. Oleh karena itu, diperlukan efektivitas dan pengelolaan dana PKH untuk mengukur tingkat keberhasilan dalam menjalankan program PKH agar program dapat terealisasi dengan baik. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu apakah efektivitas dan pengelolaan dana PKH berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap tingkat kesejahteraan keluarga penerima manfaat dan bagaimana pengaruh efektivitas dan pengelolaan dana PKH terhadap kesejahteraan keluarga penerima manfaat ditinjau dari perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti secara empiris pengaruh efektivitas dan pengelolaan dana PKH terhadap tingkat kesejahteraan keluarga penerima manfaat untuk mengetahui apakah program terealisasi dengan baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kuantitatif karena bertujuan untuk mengkonfirmasi data yang didapatkan di lapangan dengan teori yang ada. Sampel pada penelitian ini sebanyak 77 keluarga penerima manfaat program pkh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas memiliki pengaruh signifikan terhadap tingkat kesejahteraan keluarga penerima manfaat, sedangkan pengelolaan dana pkh memiliki pengaruh signifikan terhadap tingkat kesejahteraan keluarga penerima manfaat. Dilihat dari nilai-nilai Ekonomi Islam yaitu keadilan, tanggung jawab dan takaful, dalam implementasinya PKH baru hanya sebatas bentuk jaminan sosial pemerintah kepada masyarakat sedangkan nilai keadilan dan tanggung jawab dalam pelaksanaannya masih perlu ditingkatkan sehingga program PKH dapat terlaksana secara efektif. Kata Kunci : Efektivitas, Pengelolaan Dana PKH, Kesejahteraan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Oct 2022 02:14
Last Modified: 21 Oct 2022 02:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21426

Actions (login required)

View Item View Item