PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI LITERASI MATEMATIS BERDASARKAN PERSPEKTIF MULTIPLE INTELLIGENCESBERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA BUDAYA JAWA

DIAN, SUKMAWATI (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI LITERASI MATEMATIS BERDASARKAN PERSPEKTIF MULTIPLE INTELLIGENCESBERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA BUDAYA JAWA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 5 dapus.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI DIAN SUKMAWATI CETAK OK.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen evaluasi kemampuan literasi matematis berdasarkan perspektif Multiple Intelligences berbasis Etnomatematika pada budaya Jawa. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) menurut Djemari Mardapi. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 35 Tebo Jambi semester genap tahun ajaran 2021/2022. Instrumen pengumpulan data penelitian ini berupa angket dan tes. Tahapan pengembangan perangkat literasi matematika yang dipakai dalam penelitian yaitu pembuatan spesifikasi tes, pembuatan soal tes,review soal tes, pelaksanaan tes, analisis soal, perbaikan tes, pembuatan tes, dan eksekusi tes dan interpretasi hasil tes. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa produk instrumen evaluasi literasi matematis berdasarkan perspektif Multiple Intelligences berbasis Etnomatematika pada budaya Jawa yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid berdasarkan hasil validasi ahli materi, dengan rata-rata nilai yaitu 92,53 dengan kriteria sangat layak digunakan. Dari 20 butir soal tes literasi matematis dalam perspektif multiple linguistic intelligence, multiple logical�mathematical intelligence, multiple visual spasial intelligence, dan multiple bodily-kinesthetic intelligence yang telah memenuhi kriteria tes yang diharapkan untuk digunakan sebagai instrumen evaluasi literasi matematis dalam perspektif multiple intelligences antara lain yakni 17 butir soal multiple linguistic intelligence, 15 butir soal multiple logical-mathematical intelligence, 16 butir soal multiple visual spasial intelligence dan 16 butir soal multiple bodily-kinesthetic intelligence. Kata Kunci: Instrumen Evaluasi, Literasi Matematis, Multiple Intelligences, Etnomatematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Oct 2022 07:32
Last Modified: 20 Oct 2022 07:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21424

Actions (login required)

View Item View Item