PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING INDIVIDU OLEH GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGURANGI PERILAKU MEMBOLOS PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG

AYU, EFFENDI (2022) PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING INDIVIDU OLEH GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGURANGI PERILAKU MEMBOLOS PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan perencanaan dan pelaksanaan layanan konseling individu oleh guru bimbingan dan konseling dalam mengurangi perilaku membolos peserta didik di SMK Negeri 7 Bandar Lampung. Terdapat 5 peserta didik yang melakukan perilaku membolos dikelas XI Tbsm. Pada tahap perencanaan yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling sebelum dilaksanakannya layanan konseling individu dalam mengurangi perilaku membolos terdapat tahap-tahap yaitu (1) Mengidentifikasi masalah dan observasi langsung, (2) Kerjasama dengan wali kelas dan seluru guru yang mengajar, (3) Mengontrol absensi peserta didik dalam setiap minggu, (4) Memperhatikan peserta didik yang sering tidak masuk (alpa). Dan pada tahap pelaksanaan layanan konseling individu dalam mengurangi perilaku membolos terdapat tiga tahap yaitu tahap awal konseling, tahap pertengahan konseling (tahap kerja) dan tahap akhir konseling. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data primer diperoleh langsung dari guru bimbingan dan konseling mengenai pelaksanaan layanan konseling individu, sedangkan data sekunder berupa teori-teori pelaksanaan layanan konseling individu. Hasil pelaksanaan layanan konseling individu dalam mengurangi perilaku membolos peserta didik di SMK Negeri 7 Bandar Lampung, terjadi pengurangan perilaku membolos setelah dilaksanakan layanan konseling individu, dilihat dari hasil kartu kasus peserta didik dan wawancara dengan guru bimbingan dan konseling di SMK Negeri 7 Bandar Lampung, bahwa perencanaan dan pelaksanaan layanan konseling individu dalam mengurangi perilaku membolos berjalan sesuai dengan tahapan-tahapan yang ada pada layanan konseling individu. Kata Kunci : Konseling Individu, Guru Bimbingan dan Konseling, Perilaku membolos iv ABSTRACT This study aims to determine the stages of planning and implementing individual counseling services by guidance and counseling teachers in reducing student truancy behavior at SMK Negeri 7 Bandar Lampung. 5 students do truant behavior in class XI Tbsm. In the planning stage carried out by guidance and counseling teachers before the implementation of individual counseling services in reducing truancy behavior there are stages, namely (1) Identifying problems and direct observation, (2) Cooperation with homeroom teachers and all teachers who teach, (3) Controlling student attendance every week, (4) Paying attention to students who often do not enter (negligent). And at the stage of implementing individual counseling services in reducing truancy behavior, there are three stages, namely the initial stage of counseling, the middle stage of counseling (the work stage), and the final stage of counseling. This study uses data collection techniques of observation, interviews, and documentation. Primary data is obtained directly from guidance and counseling teachers regarding the implementation of individual counseling services, while secondary data is in the form of theories on the implementation of individual counseling services. The results of the implementation of individual counseling services in reducing truancy behavior of students at SMK Negeri 7 Bandar Lampung, there was a reduction in truancy behavior after individual counseling services were carried out, as seen from the results of student case cards and interviews with guidance and counseling teachers at SMK Negeri 7 Bandar Lampung, that planning and implementation of individual counseling services in reducing truancy behavior goes according to the stages that exist in individual counseling services. Keywords: Individual Counseling, Guidance and Counseling Teachers, Ditching Behavior

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Oct 2022 04:15
Last Modified: 20 Oct 2022 04:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21420

Actions (login required)

View Item View Item