DAMPAK PEMBANGUNAN PABRIK KELAPA SAWIT TERHADAP PENDAPATAN MASYARAKAT SEKITAR DI TENGAH MASA PANDEMI COVID-19 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi kasus pada Pabrik Kelapa Sawit di Way Kekah, Kecamatan Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung Tengah)

Mitha, Oktarisa (2022) DAMPAK PEMBANGUNAN PABRIK KELAPA SAWIT TERHADAP PENDAPATAN MASYARAKAT SEKITAR DI TENGAH MASA PANDEMI COVID-19 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi kasus pada Pabrik Kelapa Sawit di Way Kekah, Kecamatan Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung Tengah). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI MITHA OKTARISA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pembangunan pabrik kelapa sawit membawa dampak langsung terhadap pendapatan masyarakat. Adanya pabrik kelapa sawit di Desa Way Kekah, Kecamatan Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung Tengah membuat kehidupan masyarakat sekitar yang bekerja di pabrik menjadi tercukupi. Namun keadaan nya berubah sejak adanya pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pembangunan pabrik kelapa sawit terhadap pendapatan masyarakat sekitar sebelum masa pandemi covid-19 dan di tengah masa pandemi covid-19 dalam perspektif ekonomi islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdiri dan berkembangnya industri pabrik kelapa sawit di Desa Way Kekah telah membawa dampak pada mata pencaharian masyarakat sekitar dan mampu meningkatkan pendapatan masyarakat. Dengan pendapatan yang mencukupi, masyarakat juga dapat meningkatkan taraf hidup serta memenuhi kebutuhan sehari-hari. Industri pengelolaan kelapa sawit sesuai dengan perspektif ekonomi islam yang mana pabrik kelapa sawit telah memberikan kontribusi dan kemudahan bagi masyarakat sekitar. Namun situasi berbeda ketika wabah pandemi covid-19 muncul di Indonesia. Pekerja mengalami penurunan pendapatan akibat adanya pemotongan gaji karyawan yang disebabkan kerugian yang dialami pabrik karena CPO tidak bisa ekspor ke luar negeri. Meskipun dilanda musibah tidak menjadikan masyarakat sekitar pabrik kelapa sawit melupakan hakikat Islam. Selama bekerja di pabrik kelapa sawit Desa Way Kekah, para karyawan selalu amanah dan selalu tabah dalam menjalani pekerjaan ini. Kata kunci: Covid-19, Pabrik Kelapa Sawit, Pembangunan, Pendapatan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Oct 2022 03:32
Last Modified: 20 Oct 2022 03:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21409

Actions (login required)

View Item View Item