PENGARUH PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORT TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia Periode 2013-2018)

WIDYA, NINGSIH (2022) PENGARUH PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORT TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia Periode 2013-2018). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL WIDYA NINGSIH (1511050101).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Di era globalisasi saat ini yang dimana banyaknya perusahaan yang berdiri dan berkembang. Seiring waktu perusahaan di Indonesia mulai melihat keuntungan yang didapat dengan membuat laporan berkelanjutan atau sustainability report. Sustainability report adalah laporan non keuangan dalam rangka untuk mengungkapkan kepada seluruh pemangku kepentingan mengenai kinerja Lingkungan, Sosial dan Tata kelola yang baik. Tujuan dari penelitian ini mengetahui pengaruh kinerja ekonomi, lingkungan, dan sosial dalam Sustainability Report secara parsial dan juga secara simultan terhadap profitabilitas perusahaan. Serta mengetahui pengaruh Sustainability Report terhadap profitabilitas perusahaan dalam pandangan Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Metode analisis data menggunakan regresi data panel, dengan sampel 7 perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia pada tahun 2013-2018. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang dikumpulkan dari situs perusahaan dan Bursa Efek Indonesia. Inisiatif Pelaporan Global (GRI) sebagai panduan pengungkapan Sustainability Report untuk dasar perhitungan nilai indeks. Return on Asset (ROA) sebagai ukuran profitabilitas perusahaan. Dan uji hipotesis menggunakan (R2, uji F, uji t), kemudian pengolahan datanya menggunakan aplikasi Eviews 9. Kinerja sosial berpengaruh positif tidak signifikan terhadap profitabilitas. Secara simultan berpengaruh positf dan signifikan terhadap profitabilitas. Dalam pandangan Islam, selaras dengan Shari’ah Enterprise theory dan juga konsep Sustainability Reporting perusahaan sudah mampu menerapkan pertanggung jawaban terhadap lingkungan alam dengan melihat kinerja lingkungan yang dungkapkan memiliki rata-rata yang besar yaitu 63%, namun pengukapan kinerja sosial belum mampu membawa kemaslahatan bagi masyarakat secara luas karena hasil rata-rata yang kecil. Kata Kunci : Inisiatif Pelaporan Global (GRI), ROA, Sustainability Report, Shari’ah Enterprise Theory.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Oct 2022 02:55
Last Modified: 20 Oct 2022 02:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21400

Actions (login required)

View Item View Item