ANALISIS PERBANDINGAN KEUNTUNGAN INVESTASI EMAS PRODUK BANK SYARIAH DAN PRODUK PEGADAIAN SYARIAH (Studi Kasus Pada Bank BRI Syari’ah dan Di Pegadaian Syari’ah Tahun 2015-2020)

SARI, MARNIA (2022) ANALISIS PERBANDINGAN KEUNTUNGAN INVESTASI EMAS PRODUK BANK SYARIAH DAN PRODUK PEGADAIAN SYARIAH (Studi Kasus Pada Bank BRI Syari’ah dan Di Pegadaian Syari’ah Tahun 2015-2020). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI SARI (kurang persetujuan).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Investasi pada hakikatnya merupakan penempatan sejumlah dana pada saat ini dengan harapan untuk memperoleh keuntungan di masa mendatang. Umumnya investasi dibedakan menjadi dua, yaitu: investasi pada aset-aset finansial (financial assets) dan investasi pada aset-aset riil (real assets). Lembaga keuangan bank dan non bank menyediakan investasi riil untuk masyarakat seperti halnya yang layanan yang diberikan BRI Syariah serta Pegadaian Syariah memberikan layanan berupa investasi emas. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif yaitu data yang di ukur dalam satuan skala angka dengan periode penelitian yaitu pada tahun 2015 sampai dengan maret 2020. Indikator dalam penelitian ini yaitu menggunakan rumus perhitungan return adalah imbal hasil dari investasi. Metode analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji statistik dengan uji t-Independen yang berupa uji beda dan rata-rata. Untuk menguji alat ukur statistic yang digunakan terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata dua sampel. Alat uji statistik yang digunakan adalah independent t-test. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa rata-rata keuntungan emas di perbankan syariah berbeda dengan rata-rata keuntungan emas yang ada di pegadaian syariah. Independent samples Test dapat disimpulkan bahwa kentungan emas pada perbankan syariah pada periode tahun 2015-2021 berbeda secara signifikan dari keuntungan emas pada pegadaian syariah periode tahun 2015-2021. Kata Kunci: Investasi, Perbankan Syariah, Pegadaian Syariah ABSTRACT Investment is essentially the placement of a number of funds at this time with the hope of obtaining profits in the future. Generally, investments are divided into two, namely: investment in financial assets (financial assets) and investment in real assets (real assets). Bank and non-bank financial institutions provide real investment for the community, such as the services provided by BRI Syariah and Sharia Pawnshops providing services in the form of gold investment. This study uses quantitative data, namely data that is measured in numerical scale units with the research period from 2015 to March 2020. The indicator in this study is to use the return calculation formula, which is the return on investment. The method of data analysis in this study is to use statistical tests with independent t-test in the form of different and average tests. To test the statistical measuring instrument used, there is a significant difference between the averages of the two samples. The statistical test tool used is the independent t-test. The results of this study indicate that the average gold profit in Islamic banking is different from the average gold profit in Islamic pawnshops. Independent samples test can be concluded that gold profit in Islamic banking in the 2015-2021 period is significantly different from gold profits in Islamic pawnshops for the 2015-2021 period. Keywords: Investment, Sharia Banking, Sharia Pawnshop

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Oct 2022 02:30
Last Modified: 20 Oct 2022 02:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21397

Actions (login required)

View Item View Item