PENERAPAN METODE BERNYANYI PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS 2 DI SD NEGERI 1 CAMPANG RAYA BANDAR LAMPUNG

Tria, Ramadhani (2022) PENERAPAN METODE BERNYANYI PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS 2 DI SD NEGERI 1 CAMPANG RAYA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TRIA RAMADHANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan agama islam merupakan Pendidikan yang menanamkan nilai – nilai yang tidak terlepas dari ajaran agama islam. Pendidikan agama islam berusaha bisa melahirkan peserta didik yang beriman, berilmu dan beramal saleh. Setiap usaha yang dilakukan oleh seorang guru agama di dalam kelas tidak tidak hanya diajarkan dengan menguasai bahan atau materi pelajaran saja, tetapi juga harus diajarkan dengan menguasai metode pembelajaran yang diperlukan dalam mengelola pelajaran. Pada kenyantaan nya masih banyak guru yang kurang memperhatikan metode pembelajaran sesuai dengan materi dan karakteristik peserta didik. Dengan pembelajaran menggunakan metode bernyanyi, dimana karakteristik peserta didik kelas 2 yang lebih menyukai pembelajaran dengan hal yang menyenangkan dan tidak merasa bosen. Pada mata pelajaran PAI kelas 2 guru PAI sudah menerapkan metode bernyanyi pada saat proses belajar mengajar didalam kelas sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Maka dari itu, tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan metode bernyanyi pada mata pelajaran PAI kelas 2 di SD Negeri 1 Campang Raya Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada guru Pendidikan Agama Islam dan siswa kelas 2 kemudian peneliti analisis dengan metode purposive sampling. Hasil wawancara didukung dengan observasi dan dokumentasi serta dideskripsikan dan dianalisis secara jelas. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Penerapan metode bernyanyi pada mata pelajaran PAI kelas 2 di SD Negeri 1 Campang Raya Bandar Lampung, dimana terdapat langkah�langkah yang harus diperhatikan dalam metode bernyanyi yang akan diterapkan ketika pembelajaran didalam kelas diantaranya yaitu guru sudah mengetahui isi pokok materi yang akan diajarkan kepada siswa dengan menggunakan metode bernyanyi. Guru juga merumuskan dengan benar konsep materi yang harus dikuasai maupun dihafalkan oleh siswa pada saat pembelajaran. Kemudian guru telah memilih nada lagu yang dikenal oleh siswa sehingga siswa dapat mengerti materi yang diberikan.Guru sudah Menyusun materi ke dalam bentuk lirik lagu sesuai dengan nada yang sudah dipilih dan sesuai yang dinginkan untuk dipahami siswa. Ketika pembelajaran dengan metode bernyanyi di dalam kelas guru mempraktikan nyanyian terlebih dahulu. Selanjutnya siswa dan guru menyanyikan bersama-sama dan dilakukan secara berulang sampai hafal dan paham. Kemudian siswa juga semangat ketika pembelajaran yang diberikan guru menggunakan metode bernyanyi karena membuat Susana menyenangkan dan tidak merasa bosan. Terdapat gerak tubuh yang menyesuaikan dengan materi yang diberikan dengan menggunakan metode bernyanyi. Setelah itu guru melakukan tanya jawab dan memberikan latihan soal kepada siswa untuk mengevaluasi dan mengukur pemahaman siswa terkait materi yang diberikan dengan menggunakan metode bernyanyi. Siswa sangat antusias ketika menjawab pertanyaan yang diberikan guru dan mudah memahami materi yang diberikan dengan menggunakan metode bernyanyi . Kata kunci: Metode Bernyanyi, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Oct 2022 07:24
Last Modified: 19 Oct 2022 07:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21394

Actions (login required)

View Item View Item