SITI, NUR KHOLIFAH (2022) PENGARUH PEMANFAATAN LIMBAH BEKAS TERHADAP KREATIVITAS GURU RA MIFTAHUL HUDA BANDAR AGUNG BANDAR SRIBAWONO LAMPUNG TIMUR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Kreativitas berperan penting bagi guru baik dilingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah, namun keadaan dilapangan belum sesuai dengan yang diharapkan karena kreativitas guru masih rendah. Berdasarkan hasil prapenelitian di RA Miftahul Huda Bandar Agung, diperoleh bahwa kreativitas guru masih rendah yang ditunjukan dengan hasil tes sehingga diperlukan upaya untuk meningkatkan kreativitas guru dalam membuat media pembelajaran menggunakan limbah bekas, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh limbah bekas terhadap kreativitas guru RA Miftahul Huda Bandar Agung Bandar Srbawono Lampung Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif jenis Eksperimen dengan design Posttest Only Control Design. Subjek penelitian ini adalah seluruh guru RA Miftahul Huda Bandar Agung, dengan dua sempel penelitian yaitu kelompok eksperimen dan kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan Lembar Observasi dengan alat penilaian Sekala Likert. Kemudian analisis data menggunakan Uji Paired Sampele T Test. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Nila Sig. (2-tailed) ini lebih kecil dari 0,05 (5%) yang artinya terdapat pengaruh limbah bekas terhadap kreativitas guru. Dapat dilihat dari fluency, fleksibilitas, elaborasi, orisinalitas. Hasil penelitian dari empat aspek kreativitas yang dimiliki guru tentang kreativitas guru, dalam mengembangkan kreativitas di RA Miftahul Huda Bandar Agung belum semua guru memiliki kriteria keempat aspek tersebut dikarenakan masih rendahnya pengetahuan tentang kreativitas, namun guru terus berusaha mengasah kreativitasnya agar kreativitas yang dimiliki guru dapat tersetimulus dengan baik. Namun di RA tersebut terdapat salah satu guru yang hamper memiliki kriteria keempat aspek kreativitas tersebut. Dibuktikan dengan guru tersebut mampu menjadi acuan guru lainya untuk terus mengembangkan kreativitasnya, dengan antusias memanfaatkan media yang dibuatnya. Dampak dari krativitas tersebut menjadikan anak atusias dalam mengikuti proses pembelajaran, membuat pembelajaran menyenangkan, anak memiliki ketertarikan terhadap guru, memperhatikan guru saat mejelaskan materi pemblajaran, dan mengikuti proses pembelajaran hingga selsai. Kata Kunci: Kreativitas Guru, Limbah Bekas
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 19 Oct 2022 06:58 |
Last Modified: | 19 Oct 2022 06:58 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21391 |
Actions (login required)
View Item |