IMPLEMENTASI MEDIA PERMAINAN BALOK UNTUK PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK DI TK DWI KARSA BANDAR LAMPUNG

TATA, NANDA RETA (2022) IMPLEMENTASI MEDIA PERMAINAN BALOK UNTUK PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK DI TK DWI KARSA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of skripsi TATA NANDA RETA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Abstrak Pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini terdiri dari beberapa aspek, salah satu aspek penting yang harus dimiliki anak adalah kognitif. Aspek ini dikatakan penting karena akan berhubungan dengan kreativitas dan imajinasi anak untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Berdasarkan observasi yang peneliti lakukan di TK Dwi Karsa Langkapura, Kemiling. Pada kelompok B3 terdapat 7 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Dapat diketahui kemampuan dalam mengklasifikasikan bentuk-bentuk balok cukup baik. Tetapi terdapat beberapa anak yang belum mengenal bentuk dan sulit membedakan bentuk dan menyebutkan nama dari macam-macam bentuk balok tersebut, ketika di tanya satu persatu oleh guru anak asal jawab bentuk balok yang mereka ketahui atau menunggu teman yang sudah mengenal bentuk menjawab. Dalam perkembangan kognitif lainnya seperti, menggunakan simbol, serta mengenal angka bisa dibilang anak sudah cukup baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi media balok untuk pengembangan kognitif anak di TK Dwi Karsa Langkapura, Kemiling. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research), yaitu mengadakan penelitian lapangan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis, sumber data yang digunakan data primer dan data sekunder. Berdasarkan hasil pene litian dapat penulis simpulkan bahwa dalam kegiatan pembela jaran melalui permainan balok dalam pengembangan kognitif anak kelas B3 di TK Dwi Karsa Langkapura, Kemiling menentukan rancangan kegiatan sesuai dengan perkembangan kognitif anak usia dini sebagai berikut: 1) Memilih tema yang ingin dicapai, 2) Menentukan alat dan bahan yang diper lukan dalam kegiatan, 3) Menetapkan langkah�langkah kegiatan, 4) Membagi anak dalam beberapa kelompok, 5) Memberi kesempatan kepada anak untuk tanya jawab, 6) Menentukan Tugas yang Akan Dikerjakan Anak, 7) Evaluasi. Kata Kunci: Permainan Balok, Pengembangan Kognitif, Taman Kanak�Kanak

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Oct 2022 06:41
Last Modified: 19 Oct 2022 06:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21389

Actions (login required)

View Item View Item