STRATEGI GURU BK DALAM PEMBERIAN LAYANAN ORIENTASI DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA KEMALA BHAYANGKARI KOTABUMI LAMPUNG UTARA TAHUN PELAJAAN 2020/2021

ELVINA, ROSAENI (2022) STRATEGI GURU BK DALAM PEMBERIAN LAYANAN ORIENTASI DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA KEMALA BHAYANGKARI KOTABUMI LAMPUNG UTARA TAHUN PELAJAAN 2020/2021. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI ELVINA ROSAENI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian penerapan layanan orientasi guna memperkenalkan bagaimana pentingnya memiliki kepribadian dan karakter yang baik pada pesrta didik kelas X SMA Kemala Bhayangkari Lampung Utara Kotabumi hal ini dilatar belakangi oleh bagaimana peran guru BK dalam menerapkan layanan dalam membantu dan mencegah terjadinya permasalahan yang sangat mungkin muncul saat proses pembelajaran nantinya. Dalam hal ini peneliti ingin mengamati bagaimana peran guru BK dalam menerapkan layanan orientasi di masa pandemic covid-19 untuk lebih menekankan pada peserta didik bahwa pentingnya memiliki kepribadian dan karakter yang baik saat hendak memasuki jenjang sekolah, hal ini juga dilakukan agar tidak adanya hambatan saat mengikuti proses belajar mengajar di masa pandemic covid-19 serta peserta didik pun akan dengan mudah menyesuaikan dirinya dengan likungannya nanti karena sudah mengikuti layanan orientasi sebagai tahap pengenalan awal sekolah pada peserta didik Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan desain yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) penelitian layanan orientasi yang terfokus pada bagaimana peran guru BK dalam menerapkan layanan orientasi pada peserta didik. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 11 peserta didik kelas X SMA Kemala Bhayangkari Lampung Utara Kotabumi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan layanan orientasi yang di terapkan oleh guru BK SMA Kemala Bhayangkari dapat di terima dengan baik oleh peserta didik, dan sebagian besar peserta didik merasa terbantu dengan adanya layanan orientasi. Kata Kunci: Layanan orientasi, Pandemi Covid-19 iii ABSTRACT Research on the application of orientation services to introduce how important it is to have a good personality and character in class X SMA Kemala Bhayangkari North Lampung Kotabumi this is motivated by how the role of BK teachers in implementing services in helping and preventing problems that are very likely to arise during the learning process later. In this case, the researcher wants to observe how the role of BK teachers is in implementing orientation services during the covid�19 pandemic to emphasize more on students that it is important to have a good personality and character when they want to enter the school level, this is also done so that there are no obstacles when attending the teaching and learning process during the COVID-19 pandemic and students will easily adapt to their environment later because they have attended orientation services as the initial introduction to school for students. In this study, researchers used data collection techniques in the form of observation, interviews, and documentation. The approach in this study is a qualitative approach with the design used is field research (Field Research) service orientation research that focuses on how the role of BK teachers in implementing orientation services to students. The samples taken in this study were 11 students of class X SMA Kemala Bhayangkari, North Lampung, Kotabumi. Based on the results of the study, it can be concluded that the application of the orientation service applied by the BK teacher at SMA Kemala Bhayangkari can be well received by students, and most students feel helped by the orientation service. Keywords: Orientation service, Covid-19 pandemic

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Oct 2022 04:41
Last Modified: 19 Oct 2022 04:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21387

Actions (login required)

View Item View Item