PENGARUH PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG

DARA, PERMATASARI (2022) PENGARUH PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI_DARA PERMATASARI(Autosaved).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian pengaruh pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik self management dalam meningkatkan motivasi belajar pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 4 Bandar Lampung ini dilatar belakangi oleh sering munculnya permasalahan motivasi belajar pada peserta didik. Maka dari itu peneliti ingin mengamati Pengaruh pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik self management terhadap motivasi belajar pada peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik self management dalam meningkatkan motivasi belajar pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 4 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket, wawancara dan observasi. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian pre-eksperiment design one group pretest-posttest design. Dalam penelitian ini berfokus pada Pengaruh pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik self management dalam meninggkatkan motivasi belajar pada peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI yang berjumlah 8 peserta didik yang memiliki permasalahan rendahnya motivasi belajar. Dengan teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan tehnik self management dalam meningkatan motivasi belajar pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 4 Bandar Lampung berpengaruh dan mengalami perubahan ke arah yang lebih baik pada peserta didik. Hal ini telah dibuktikan dengan hasil pretest dan posttest yang telah dikalukan sebelum dan setelah pemberian layanan berdasarkan analisis data menggunakan Uji Wilcoxon Dan hasil pretest menggunakan instrument berupa angket, peserta didik mendapatkan skor sebesar 529 dengan skor rata-rata sebesar 66,13. Kemudian setelah mendapatkan layanan konseling kelompok menggunakan teknik management, peserta didik diberikan posttest menggunakan insrument yang sama yaitu berupa angket dan mendapatkan skor sebesar 906 dengan skor rata-rata 113.3. 6. Diketahui bahwa nilai z hitung lebih besar dari z tabel. z hitung yaitu sebesar 2,527 > 0,2190 dan juga diperoleh nilai signifikan 0,012 dimana nilai tersebut lebih kecil dari rtabel signifikasi 0.05 maka Ha diterima dan Ho ditolak sehingga dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok menggunakan teknik self management berpengaruh positif terhadap motivasi belajar pada peserta didik. Kata Kunci: Self Management, Konseling Kelompok,Motivasi belajar. iii ABSTRACT Research on the effect of implementing group counseling services with self-management techniques in increasing learning motivation in class XI students at SMA Negeri 4 Bandar Lampung is motivated by the frequent emergence of learning motivation problems in students. Therefore, researchers want to observe the effect of implementing group counseling services with self-management techniques on students' learning motivation. The purpose of this study was to determine the effect of implementing group counseling services with self-management techniques in increasing learning motivation in class XI students of SMA Negeri 4 Bandar Lampung. This study uses data collection techniques in the form of questionnaires, interviews and observations. The approach in this study is a quantitative approach with a pre-experimental research design, one group pretest-posttest design. This study focuses on the effect of implementing group counseling services with self-management techniques in increasing student motivation to learn. The sample in this study were students of class XI, totaling 8 students who had problems with low learning motivation. The sampling technique used is purposive sampling. Based on the results of the study, it shows that the implementation of group counseling services with self-management techniques in increasing learning motivation in class XI students at SMA Negeri 4 Bandar Lampung has an effect and changes for the better for students. This has been proven by the results of the pretest and posttest that have been carried out before and after service delivery based on data analysis using the Wilcoxon test. And the results of the pretest using an instrument in the form of a questionnaire, students get a score of 529 with an average score of 66.13. Then after getting group counseling services using management techniques, students were given a posttest using the same instrument in the form of a questionnaire and got a score of 906 with an average score of 113.3. 6. It is known that the calculated z value is greater than the z table. z count that is equal to 2.527 > 0.2190 and also obtained a significant value of 0.012 where the value is smaller than the significance rtable of 0.05 then Ha is accepted and Ho is rejected so from this study it can be concluded that group counseling services using self�management techniques have a positive effect on learning motivation in students. learners. Keywords: Self Management, Group Counseling, Learning motivation.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Oct 2022 04:38
Last Modified: 19 Oct 2022 04:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21386

Actions (login required)

View Item View Item