TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP DINASTI POLITIK YANG BERDAMPAK PADA DEMOKRASI DI INDONESIA (Studi pada Pemilihan Kepala Daerah Provinsi Lampung Periode 2020-2025)

ARFINA, AZZAHRA AWALIAH (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP DINASTI POLITIK YANG BERDAMPAK PADA DEMOKRASI DI INDONESIA (Studi pada Pemilihan Kepala Daerah Provinsi Lampung Periode 2020-2025). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI ARFINA AZZAHRA AWALIAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Indonesia merupakan negara dengan sistem pemerintahan yang demokrasi, yang dimana kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat. Dengan dianutnya sistem pemerintahan demokrasi tersebut, seharusnya tidak ada dinasti politik yang berputar pada suatu birokrasi karena dinasti politik merupakan musuh yang dapat mengancam demokrasi. Selain itu dinasti politik ini menghilangkan kesempatan warga negara dan masyarakat untuk ikut serta dalam momentum demokrasi elektorat. Di samping itu, dapat menutup peluang lahirnya pemimpin yang berkualitas dan dapat melahirkan tirani dalam bentuk baru. Oleh sebab itu, penulis ingin melakukan studi dengan memaparkan dinastik politik yang terjadi di Indonesia dan meninjau dari segi hukum Islam. Rumusan masalah yang akan dipecahkan oleh penulis yaitu bagaimana dinasti politik di Indonesia, dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap dinasti politik di Indonesia. Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana dinasti politik yang terjadi di Indonesia serta untuk mengetahui bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap dinasti politik di Indonesia. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kepustakaan (library research), yaitu penelitian yang dilaksanakan dengan menggunakan literatur (kepustakaan), baik berupa buku, catatan, maupun laporan hasil penelitian dari penelitian terdahulu. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis, analisis data yang diperguakan adalah pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa dinasti politik di Indonesia banyak terjadi di beberapa daerah tetapi penulis memfokuskan pada Pilkada di Lampung Periode 2020-2025 di antaranya yaitu, Eva Dwiana (isteri dari Walikota Bandar Lampung terdahulu), Rycko Menoza (anak dari Gubernur Lampung Periode 2004-2008), Ardito Wijaya (Putera sulung dari Walikota Metro), Ahmad Pairin (pertahanan Loekman Djoyosoemarto), Nessy (isteri mantan Bupati Mustafa), Peter (kakak kandung dari Ketua PDIP Lampung yaitu Sudin), dan Rina Marlina (isteri dari anggota DPD-RI yaitu Bustami Zainudin). Dampak dinasti politik pada demokrasi di Indonesia yaitu antara lain, menyulitkan check and balance, iii menyebabkan playing field, institusionalisasi kepartaian semakin buruk dan lemah, dan kemenangan menjadi prioritas utama dalam partai politik. Dinasti politik dalam hukum Islam diperbolehkan, namun harus tetap berdasarkan syarat-syarat pemimpin yang ada dan sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW dan para sahabat

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Oct 2022 04:22
Last Modified: 19 Oct 2022 04:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21384

Actions (login required)

View Item View Item