ANALISIS IMPLEMENTASI PEMBIAYAAN KUR MIKRO SYARIAH DENGAN AKAD MURABAHAH TERHADAP PEMBERDAYAAN UMKM DI PROVINSI LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Bank Syariah Indonesia KCP Sribhawono, Lampung Timur)

RICKI, FEBRIANSYAH (2022) ANALISIS IMPLEMENTASI PEMBIAYAAN KUR MIKRO SYARIAH DENGAN AKAD MURABAHAH TERHADAP PEMBERDAYAAN UMKM DI PROVINSI LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Bank Syariah Indonesia KCP Sribhawono, Lampung Timur). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Bab 1 5 Dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI RICKI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan UMKM di Indonesia tidak terlepas dari masalah keterbatasan finansial, yaitu pengerahan modal awal dan akses ke modal kerja yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan output jangka panjang. Masalah kurangnya modal membuat UMKM kerap mengalami kesulitan dan kendala dalam mengembangkan usahanya. Hal inilah yang kemudian mendorong pemerintah untuk membantu perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Salah satu kebijakan yang dibuat oleh pemerintah yaitu untuk memberdayakan UMKM dalam akses permodalan yaitu melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR). Dalam Penelitian ini Bertujuan untuk menjawab pertanyaan mengenai Bagaimana Pelaksanaan Pembiayaan KUR Mikro Syariah pada BSI KCP Sribhawono dan bagaimana peran Pembiayaan KUR Mikro Syariah dalam Pemberdayaan Usaha Mikro. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari metode penelitian ini diperoleh informan yang terdiri dari pegawai BSI KCP Sribhawono yang terlibat dalam pelaksanaan Pembiayaan KUR Mikro Syariah serta beberapa nasabah Pembiayaan KUR Mikro Syariah pada BSI KCP Sribhawono. Hasil penelitian diketahui bahwa implementasi Pembiayaan KUR Mikro Syariah pada BSI KCP Sribhawono berjalan dengan baik dan tidak ditemukan adanya pembiayaan macet. Prosedur Pembiayaan KUR Mikro Syariah Pembiayaan KUR Mikro Syariah pada BSI KCP Sribhawono dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu: tahap pengajuan pembiayaan, tahap Checking melalui SLIK KUR Mikro Syariah, tahap survey calon nasabah, tahap analisis hasil survei calon nasabah pembiayaan KUR Mikro Syariah, tahap pemberian putusan atau persetujuan pembiayaan, tahap pencairan/akad pembiayaan, tahap monitoring, disertai pertimbangan kaidah syariah. Pembiayaan KUR Mikro Syariah pada BSI KCP Sribhawono menggunakan akad murabahah bil wakalah dalam proses akadnya. Pembiayaan KUR Mikro Syariah berperan membantu siklus usaha mikro tetap berjalan, perputaran usaha lancar, omzet usaha meningkat, serta dapat mengembangkan usaha nasabah lebih dari satu jenis. Kata Kunci: Implementasi, Pembiayaan KUR Mikro Syariah, BSI KCP Sribhawono, Akad Murabahah, Pemberdayaan UMKM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Oct 2022 04:08
Last Modified: 19 Oct 2022 04:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21383

Actions (login required)

View Item View Item