PERANAN HASIL PERTANIAN DAN LUAS LAHAN PEPAYA CALIFORNIA DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT DIMASA PANDEMI COVID-19 MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Petani Pepaya California Desa Terdana Kecamatan Kotaagung Kabupaten Tanggamus)

DEWI, SEPTIANI (2022) PERANAN HASIL PERTANIAN DAN LUAS LAHAN PEPAYA CALIFORNIA DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT DIMASA PANDEMI COVID-19 MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Petani Pepaya California Desa Terdana Kecamatan Kotaagung Kabupaten Tanggamus). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI DEWI SEPTIANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Di masa pandemi covid-19 pendapatan sebagian petani menurun secara drastis. sektor pertanian terkena dampak dalam menghadapi wabah virus covid-19 yaitu memengaruhi keberlangsungan kinerja sektor pertanian, belum meratanya distribusi, para petani menerima kelebihan pasokan yang menyebabkan harga lebih rendah, modal usaha terbatas selama musim tanam, penurunan penghasilan dan penurunan daya beli petani serta keterbatasan ekspor penyebrangan pulau jawa. maka penjualan semua terjadi penurunan. Maka dari itu pertanian sebelumnya yang selalu berperan menunjang perekonomian masyarakat sekarang sebaliknya menjadi adanya penurunan pendapatan masyarakat karena dengan adanya wabah virus corona yang melanda Indonesia dan negara lainnya. Adapun Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui apakah hasil pertanian dan luas lahan pepaya california berperan dalam meningkatkan ekonomi masyarakat dimasa pandemi covid-19 Dan untuk mengetahui bagaimana pandangan ekonomi islam terhadap hasil pertanian dan luas lahan pepaya california dalam meningkatkan ekonomi masyarakat desa terdana kecamatan kotaagung kabupaten tanggamus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif atau penelitian lapangan dilakukan dengan menggali informasi atau data yang bersumber dari lokasi atau lapangan penelitian yaitu di desa terdana kecamatan kotaagung kabupaten tanggamus. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data, Wawancara, data primer diperoleh langsung dari responden mengenai hasil pertanian dan luas lahan pepaya california berperan dalam meningkatkan ekonomi masyarakat di masa pandemi covid-19. Sedangkan data sekunder buku-buku, jurnal-jurnal, dan dokumentasi laporan yang berkaitan dengan materi pembahasan, serta dari sumber-sumber lainnya yang berkaitan dengan permasalahan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan petani pepaya dengan menanam pepaya california sangat membantu perekonomian masyarakat petani terutama yang mempunyai lahan yang cukup luas, karena luas lahan sangat mempengaruhi tingginya pendapatan. jadi semakin luas lahan pertanian maka semakin tinggi pula hasil yang akan didapat. Menurut Perspektif ekonomi islam dalam melakukan kegiatan ekonominya Pepaya California memanfaatkan dan mengelola pepaya dengan baik sebagai sumber daya hayati, untuk menghasilkan rezeki atau pendapatan yang halal, sehingga dapat memenuhi kesejahteraan masyarakat petani pepaya california. Terpenuhinya kebutuhan ini merupakan unsur pertama dan untuk utama kesejahteraan sosial. Tak lupa sebagai rasa syukur mereka ikhlas bekerja untuk beribadah kepada Allah SWT dengan mencari rezeki yang halal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pepaya California sudah cukup membantu memenuhi kebutuhan pokok petani Kebutuhan Tersier (Dharuriyah), kebutuhan sekunder (Hajiyah), dan kebutuhan tersier (Tahsiniyah). Kata Kunci : Hasil Pertanian, Luas Lahan, Ekonomi Masyarakat

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Oct 2022 04:06
Last Modified: 19 Oct 2022 04:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21382

Actions (login required)

View Item View Item