PENGARUH OPINI AUDIT DAN REPUTASI KAP TERHADAP AUDITOR SWITCHING DENGAN FINANCIAL DISTRESS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2016-2021)

M., Aldi Setiyawan (2022) PENGARUH OPINI AUDIT DAN REPUTASI KAP TERHADAP AUDITOR SWITCHING DENGAN FINANCIAL DISTRESS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2016-2021). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI M. ALDI SETIYAWAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Setiap perusahaan yang go publik diwajibkan untuk menyampaikan laporan keuangan. Laporan keuangan suatu perusahaan merupakan sumber informasi mengenai kegiatan operasional maupun posisi keuangan yang dibutuhkan pihak internal maupun eksternal untuk pengambilan suatu keputusan. Ketentuan terkait pertukaran auditor telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2015 dan POJK Nomor 13 /POJK.03 Tahun 2017 Tentang “Penggunaan Jasa Akuntan Publik dan Kantor Akuntan Publik Dalam Kegiatan Jasa Keuangan”. Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah opini audit dan reputasi KAP berpengaruh terhadap terjadinya auditor switching serta apakah financial distress mampu memoderasi hubungan antara opini audit dan reputasi KAP terhadap auditor switching yang terjadi pada perusahaan manufaktur tahun 2016-2021. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pendekatan secara kuantitatif. Metode kuantitatif adalah metode yang penyajian datanya didominasi dalam bentuk angka, penelitian ini menggunakan metode analisis non parametrik, karena sebagian besar data diukur menggunakan skala nominal. Data kauntitatif pada penelitian diambil maupun diunduh melalui website BEI yaitu www.idx.co.id. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2016-2021. Hasil penelitian menunjukan bahwa opini audit berpengaruh positif signifikan terhadap auditor switching dengan nilai signifikansi α= 0,048 ≤ 5%. Reputasi KAP berpengaruh positif signifikan terhadap auditor switching dengan nilai signifikansi α= 0,009 ≤ 5%. Hasil penelitian yang dilakukan dengan uji interaksi MRA, variabel financial distress (Z) tidak mampu memoderasi hubungan antara opini audit terhadap auditor switching. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa financial distress mampu memoderasi hubungan antara reputasi KAP terhadap auditor switching. Keyword : Opini audit, Reputasi KAP, Auditor Switching dan Financial Distress

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Oct 2022 04:00
Last Modified: 19 Oct 2022 04:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21380

Actions (login required)

View Item View Item