EFEKTIVITAS AKUN JEJARING SOSIAL TWITTER KEMENKES RI SEBAGAI MEDIA KAMPANYE KESEHATAN PADA MAHASISWA KPI FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI UIN RADEN INTAN LAMPUNG

M, Ade Armando (2022) EFEKTIVITAS AKUN JEJARING SOSIAL TWITTER KEMENKES RI SEBAGAI MEDIA KAMPANYE KESEHATAN PADA MAHASISWA KPI FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI UIN RADEN INTAN LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI M Ade Armando.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendekripsikan bagaimana efektivitas akun jejaring sosial twitter KEMENKES RI sebagai media kampanye kesehatan bagi Mahasiswa KPI Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Raden Intan Lampung. Dalam penelitian ini dengan mengamati mahasiwa KPI angkatan 2018 dengan sampel berjumlah 18 orang yaitu mahasiswa yang aktif menggunakan jejaring sosial twitter serta memperhatikan akun twitter KEMENKES RI. Kemudian yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana akun twitter KEMENKES RI ini menjadi media kampanye kesehatan bagi mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (fieldresearch). yang bersifat kualitatif, penelitian ini menggunakan teknik sampel ,dengan menggunakan metode sumber data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan interview, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dengan cara melihat data yang sudah dikumpulkan yang dilandasi dengan teori pembelajaran sosial. Dari hasil analisis data yang di sebutkan diatas dapat disimpulkan bahwa dalam perihal ini hal hal yang memperngaruhi ke efektivitasan akun twitter KEMENKES RI di antaranya adalah mempunyai target yang jelas yaitu tujuan nya adalah untuk mengkampanyekan kesehatan dan sasaran yang jela untuk mengkampanyekan kepada pengguna twitter yang aktif serta mengikuti akun dari KEMENKES RI. Ukuran tingkat kemampuan suatu organisasi untuk melakukan sosialisasi dengan di tandai adanya beberapa komen dan beberapa share di postingan akun KEMENKES RI menjadi ukuran efektivitas akun tersebut terhadap mahasiswa, serta kemampuan organisasi untuk beradaptasi dengan lingkungannya maksudnya di sini adalah perilaku mahasiswa KPI Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Raden Intan Lampung menjadi peduli dengan kampanye kesehatan. Kata kunci : Efektivitas,Jejaring Sosial Twitter,Kampanye iii ABSTRACT This study aims to describe the effectiveness of the Ministry of Health's twitter social network account as a media for health campaigns for KPI students, Faculty of Da'wah and Communication Studies, UIN Raden Intan Lampung. In this study, by observing the 2018 KPI students with a sample of 18 people, namely students who actively use the Twitter social network and pay attention to the RI Ministry of Health's twitter account. Then the problem in this research is how the twitter account of the Ministry of Health of the Republic of Indonesia becomes a media for health campaigns for students. This research is a field research (field research). which is qualitative, this study uses a sampling technique, using primary and secondary data source methods, data collection techniques in this study using interviews, observation, and documentation. Data analysis in this study by looking at the data that has been collected which is based on social learning theory. From the results of the data analysis mentioned above, it can be concluded that in this case things that affect the effectiveness of the RI Ministry of Health's twitter account include having a clear target, namely the goal is to campaign for health and clear targets to campaign for active and active twitter users. follow the account of the Ministry of Health of the Republic of Indonesia. The measure of the level of an organization's ability to socialize by marking the presence of several comments and several shares in the RI Ministry of Health account posting becomes a measure of the effectiveness of the account on students, as well as the organization's ability to adapt to its environment. Raden Intan Lampung became concerned with health campaigns. Keywords: Effectiveness, Twitter Social Network, Campaign

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Oct 2022 03:42
Last Modified: 19 Oct 2022 03:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21373

Actions (login required)

View Item View Item