PERAN KOPERASI SIMPAN PINJAM PEMBIAYAAN SYARIAH (KSPPS) DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT (Studi Pada BTM BiMU Kota Bandar Lampung)

Tri, Putra Ika Jaya (2022) PERAN KOPERASI SIMPAN PINJAM PEMBIAYAAN SYARIAH (KSPPS) DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT (Studi Pada BTM BiMU Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi_PUTRA.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi_PUTRA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Di tengah kondisi krisis ekonomi yang masih bergejolak, Kota Bandar Lampung memiliki ekonomi yang masih kondusif karena ditopang UMKM. Meskipun banyak jumlah UMKM khususnya di Kelurahan Waydadi, namun hal tersebut masih mengalami kendala yaitu permasalahan modal. Untuk memberikan solusi dalam permodalan yang di hadapi oleh UMKM, maka perlu adanya kerja sama antara UMKM yang ada dengan lembaga keuangan, salah satunya yaitu Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) BTM BiMU Kota Bandar Lampung. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: Bagaimana peran KSPPS BTM BiMU Bandar Lampung dalam upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat, dan apa sajakah faktor pendorong dan penghambat dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat, serta Bagaimana peran KSPPS BTM BiMU Bandar Lampung dalam upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat menurut perspektif Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Peran KSPPS dalam upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat pada BTM BiMU Bandar Lampung, dan untuk mengetahui faktor pendorong dan penghambat dalam upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat, serta untuk mengetahui peran KSPPS BTM BiMU dalam upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat menurut pespektif Islam. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BTM BiMU memiliki peranan yang cukup bagus dalam peningkatan pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pemberian pembiayaan modal kerja. Dan faktor pendorongnya yaitu mensejahterakan anggotanya dengan menggunakan faktor internal yaitu: karyawan dan tata aturan BTM BiMU dan faktor eksternal yaitu: faktor geografis dan demografis. Sedangkan faktor penghambat peningkatan kesejahteraan anggota yaitu: kurangnya sosialisasi tentang BTM, sehingga banyak masyarakat hingga kini yang belum mengenal BTM. Dalam pengaplikasiannya BTM BiMU telah menjadi solusi bagi kaum muslimin untuk melakukan kegiatan ekonomi baik penyaluran dana dan penghimpunan dana sesuai dengan prinsip syariah yang dapat menghindarkan kaum muslimin dari ribawi yang dilarang oleh ajaran islam. Kata kunci : Peran KSPPS dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Oct 2022 03:28
Last Modified: 19 Oct 2022 03:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21369

Actions (login required)

View Item View Item