PENGARUH IKLAN DAN KUALITAS WEBSITE SHOPEE DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI PRODUK FASHION PADA MARKETPLACE SHOPEE DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DALAM PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH (Studi Pada Masyarakat Kota Bandar Lampung)

Wanadi, Tamsil (2022) PENGARUH IKLAN DAN KUALITAS WEBSITE SHOPEE DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI PRODUK FASHION PADA MARKETPLACE SHOPEE DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DALAM PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH (Studi Pada Masyarakat Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Alviana.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Di Indonesia, perkembangan internet telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, salah satunya aspek perekonomian. Adanya kecanggihan teknologi dan internet dapat membantu kegiatan transaksi jual beli yang sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan tatap muka (offline) kini dapat dilakukan dengan mudah melalui bantuan smartphone (online). Banyaknya peluang yang menjanjikan, banyak dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk membuat platform marketplace sebagai media untuk bertransaksi. Karena hal ini, pada akhirnya mengakibatkan banyak pelaku usaha bersaing untuk menarik minat konsumen. Berbagai cara mereka lakukan untuk menarik minat beli konsumen seperti menciptakan iklan dimedia sosial Instagram dan membuat sarana transaksi yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh iklan dan kualitas website shopee di media sosial Instagram terhadap minat beli produk fashion pada marketplace shopee dengan kepercayaan sebagai variabel mediasi. Penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui perspektif bisnis syariah terhadap iklan dan kualitas website shopee, di media sosial instagram, kepercayaan, dan minat beli. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kajian pustaka dan kuesioner dengan skala likert. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah masyarakat kota Bandar Lampung. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Banyaknya sampel yang digunakan, ditentukan dengan rumus slovin yang berjumlah 100 responden. Teknik analisis data menggunakan metode path analysis (analisis jalur) dengan bantuan software smartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Iklan dan kualitas website shopee di media sosial instagram berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap minat beli produk fashion pada marketplace shopee. Iklan dan kualitas website shopee di media sosial Instagram berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan. Kepercayaan memediasi hubungan antara iklan dan kualitas website shopee di media sosial Instagram terhadap minat beli produk fashion pada marketplace shopee secara positif dan signifikan. Kata Kunci: Iklan, Kualitas Website, Media Sosial Instagram, Kepercayaan, Minat Beli Produk Fashion, Shopee.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Oct 2022 03:24
Last Modified: 19 Oct 2022 03:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21368

Actions (login required)

View Item View Item