ANALISIS PERAN DIGITAL BANKING SYARIAH TERHADAP GIG ECONOMY (Studi Pada Driver Ojek Online Kecamatan Labuhan Ratu, Kota Bandar Lampung)

Wanadi, Tamsil (2022) ANALISIS PERAN DIGITAL BANKING SYARIAH TERHADAP GIG ECONOMY (Studi Pada Driver Ojek Online Kecamatan Labuhan Ratu, Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI WINANDI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Mayoritas penduduk muslim yang mempunyai visi pusat ekonomi syariah, sebagai bagian dari amar ma’ruf nahi munkar, penerapan layanan digital banking syariah diharapkan dapat terlaksakan dengan baik dan sesuai dengan nasabah, karena apabila bank asing atau bukan syariah yang ada di Indonesia menerapkan layanan digital yang lebih maju maka bisa saja nasabah bank beralih karena mendapatkan layanan yang lebih memudahkan mereka. Selain dari inovasi dari layanan digital banking syariah, perkembangan digital juga mengarah pada potensi dari berkembangnya pekerja lepas seperti ojek online telah berkontribusi dalam perekonomian nasional dan masyarakat secara signifikan. Melihat potensi yang besar namun data dilapangan menunjukkan bahwa kurang nya kontribusi layanan digital banking syariah maka perlunya mengevaluasi dampak dan peran dari layanan digital banking syariah agar dapat terus eksis secara signifikan. Disini dapat di rumuskan masalahnya apakah dampak digital banking syariah terhadap gig economy khususnya pada driver ojek online?, dan Bagaimana peran digital banking syariah terhadap gig economy khususnya pada driver ojek online?. Metode yang diguakan adalah pendekatan kualitatif bersifat deskriptif analisis dengan jenis penelitian lapangan berupa observasi secara langsung, dokumentasi, dan wawancara kepada driver ojek online di Jl.ZA Pagar Alam, Kelurahan Labuhan Ratu, Kecamatan Labuhan Ratu Kota Bandar Lampung. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis data model interaktif dari Miles dan Huberman. Dampak peran dari digital banking syariah tidak begitu signifikan kepada driver ojek online. Peran layanan digital banking syariah yang lebih sesuai dengan kehendak driver ojek online tidak hanya yang lebih mudah, murah, dan cepat, lebih spesifik lagi layanan digital banking syariah yang bekerjasa dengan perusahaan ojek online yang sesuai dengan aktivitas driver yang membutuhkan mobilitas tinggi. Promosi yang menarik pengaruhnya begitu besar untuk memperluas jaringan layanan digital banking syariah, melalui itu bank syariah dapat memberikan edukasi dan mempererat hubungannya dengan nasabah sebagai mitra. Edukasi yang masif dilakukan agar layanan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Oct 2022 03:20
Last Modified: 19 Oct 2022 03:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21367

Actions (login required)

View Item View Item