ANALISIS PERBANDINGAN TINGKAT PRODUKTIVITAS BANK UMUM SYARIAH DAN UNIT USAHA SYARIAH MENGGUNAKAN METODE MALMQUIST PRODUCTIVITY INDEX PERIODE 2016- 2020 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

NETI, FITRI PRASTIANI (2022) ANALISIS PERBANDINGAN TINGKAT PRODUKTIVITAS BANK UMUM SYARIAH DAN UNIT USAHA SYARIAH MENGGUNAKAN METODE MALMQUIST PRODUCTIVITY INDEX PERIODE 2016- 2020 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Bab 1 5 Dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Neti Fitri Prastiani.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Semakin banyaknya jumlah perbankan syariah yang beroperasi khususnya dalam bentuk Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah di Indonesia dengan berbagai bentuk produk dan pelayanan yang diberikan dapat menimbulkan permasalahan di masyarakat. Permasalahan yang paling penting adalah bagaimana kualitas kinerja, kesehatan Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah yang ada. Dengan kondisi ini, maka penilaian produktivitas bank menjadi sangat penting, karena produktivitas mengacu pada penggunaan sumber daya perusahaan yang optimal untuk mencapai target yang efektif dan efisien. Analisis mengenai produktivitas menjadi sangat penting karena Produktivitas yang tinggi akan berakibat luas bagi perusahaan, diantaranya penghematan biaya-biaya yang terjadi dalam operasi perusahaan sehari-hari. Dengan adanya penghematan biaya tersebut maka berakibat pada peningkatan profit usaha. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis perbandingan tingkat Produktivitas unit usaha syariah dan bank umum syariah. Studi ini merupakan studi kuantitatif komparatif yang mengukur perbandingan tingkat produktivitas BUS dan UUS pada tahun 2016 sampai 2020. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dengan periode penelitian 2016 sampai 2020. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan variabel input, yaitu total aset, Dana Pihak Ketiga, Biaya Tenaga Kerja. Sedangkan variabel dependen yang digunakan variabel output yakni pembiayaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Malmqusit Productivity Index. Hasil penelitian ini menunjukan bahwasanya, Hasil pengujian hipotesis ini menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai produktivitas Bank Umum Syariah dan nilai produktivitas Unit Usaha Syariah. Kata kunci: Bank Umum Syariah, Unit Usaha Syariah, produktivitas, Malmquist Productivity Indeks (MPI)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Oct 2022 03:08
Last Modified: 19 Oct 2022 03:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21364

Actions (login required)

View Item View Item