PENGARUH PELATIHAN, KEJELASAN TUJUAN, DAN DUKUNGAN ATASAN TERHADAP IMPLEMENTASI SISTEM KEUANGAN DESA (SISKEUDES) DITINJAU DALAM PERSEFEKTIF AKUNTANSI SYARIAH (Studi Kasus di Kecamatan Sungai Are Kab Ogan Komering Ulu Selatan)

Pertiwi, Handayani (2022) PENGARUH PELATIHAN, KEJELASAN TUJUAN, DAN DUKUNGAN ATASAN TERHADAP IMPLEMENTASI SISTEM KEUANGAN DESA (SISKEUDES) DITINJAU DALAM PERSEFEKTIF AKUNTANSI SYARIAH (Studi Kasus di Kecamatan Sungai Are Kab Ogan Komering Ulu Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi_Pertiwi Handayani_1851030278_AKS.pdf] PDF
Download (23MB)
[thumbnail of COVER, BAB 1 & 5, DAPUS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)

Abstract

ABSTRAK Pengelolaan keuangan yang baik harus mampu menghasilkan laporan keuangan yang sesuai dengan peraturan yang ditetapkan dan mampu menerapakan prinsip akuntabilitas. Pada tahun 2017 laporan keuangan desa di Kecamatan Sungai Are Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan masih banyak sumber daya manusia yang kurang berkompeten dikecamatan sungai are dan minimnya prasarana mengakibatkan kurang maksimalnya implementasi apalikasi SISKEUDES. Sehingga terjadi kesalahan dan kekurangan yang disebabkan oleh sumber daya manusia yang kurang cermat dalam menginput data meskipun sudah diadakan pelatihan dan sosialisasi. Maka dari itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi implementasi sistem keuangan desa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan untuk mengetahui pengaruh pelatihan, kejelasan tujuan dan dukungan atasan terhadap implementansi sistem keuangan desa di kecamatan Sungai are kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriftif. Sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling, responden yang diambil dengan kriteria tertentu yaitu perangkat desa di kecamatan Sungai are. Data yang digunakan adalah data primer yang didapatkan dengan menyebarkan kuesioner. kemudian data dianalisis menggunakan program SPSS versi 24. meliputi analisis uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap implementasi sistem keuangan desa. kejelasan tujuan berpengaruh positf dan signifikan terhadap implementasi sistem keuangan desa dan dukungan atasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap implementasi sistem keuangan desa. Kata Kunci : pelatihan, kejelasan tujuan, dukungan atasan dan sistem keuangan desa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Oct 2022 03:00
Last Modified: 19 Oct 2022 03:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21363

Actions (login required)

View Item View Item