ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI LINGKUNGAN DAN STRATEGI PENGELOLAAN LINGKUNGAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA KEUANGAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Puskesmas Buay Nyerupa, Lampung Barat)

Sharmila, Sharmila (2022) ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI LINGKUNGAN DAN STRATEGI PENGELOLAAN LINGKUNGAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA KEUANGAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Puskesmas Buay Nyerupa, Lampung Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL SHARMILA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Meningkatnya pembangunan organisasi kesehatan di Indonesia saat ini menjadi salah satu penyebab utama masalah lingkungan. Akuntansi lingkungan dan Strategi pengelolaan lingkungan diperlukan untuk mengidentifikasi dampak lingkungan dan pengaruhnya terhadap kinerja keuangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis tentang penerapan akuntansi lingkungan dan strategi pengelolaan lingkungan dalam meningkatkan kinerja keuangan dalam perspektif islam pada Puskesmas Buay Nyerupa, Kabupaten Lampung Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang lebih menekankan aspek pemahaman secara mendalam terhadap suatu masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan dan minimalisasi kerusakan lingkungan di Puskesmas Buay Nyerupa telah diterapkann cukup baik sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No.5. Meskipun belum terperinci untuk anggaran di Puskesmas sudah ada beberapa yaitu Biaya Rencana Umum Kegiatan, Biaya Operasional, serta Biaya Rencana dan Anggaran Belanja. Namun karena Puskesmas Buay Nyerupa belum menjadi BLUD (Badan Layanan Umum Daerah), untuk pelaksanaan kinerja belum dapat dilakukan secara maksimal sehingga kinerja keuangannya belum dapat di ukur. Selain itu, dalam hal pengelolaan laporan keuangan pihak Puskesmas sudah menerapkan prinsip syariah yang sesuai yaitu keadilan dan amanah. Kata Kunci: Akuntansi Lingkungan, Strategi Pengelolaan Lingkungan, Kinerja Keuangan, Perspektif Ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Oct 2022 02:43
Last Modified: 19 Oct 2022 02:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21358

Actions (login required)

View Item View Item