ANALISIS PENGARUH PENDAPATAN NON HALAL, ZAKAT, ISLAMIC CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, DAN DEWAN PENGAWAS SYARIAH TERHADAP REPUTASI BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA (Studi Pada BUS Yang Terdaftar Di OJK Periode 2016-2020)

MELA, MEILIA SARI (2022) ANALISIS PENGARUH PENDAPATAN NON HALAL, ZAKAT, ISLAMIC CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, DAN DEWAN PENGAWAS SYARIAH TERHADAP REPUTASI BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA (Studi Pada BUS Yang Terdaftar Di OJK Periode 2016-2020). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Mela.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Reputasi atau Citra yaitu suatu gambaran yang ada di dalam benak khalayak atau stakeholder yang mencerminkan persepsi publik terkait tindakan yang dilakukan suatu bank, baik positif ataupun negatif. Reputasi dalam penelitian ini yaitu Dana Pihak Ketiga Bank Umum Syariah. Dana Pihak Ketiga Bank Umum Syariah terus mengalami peningkatan dari tahun 2016-2020, namun masih jauh meningkat dibandingkan dengan Bank Umum Konvensional, padahal mayoritas penduduk Indonesia beragama islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Pendapatan Non Halal, Zakat, Islamic Corporate Social Responsibility, dan Dewan Pengawas Syariah secara parsial dan silmutan pada Bank Umum Syariah. Populasi penelitian ini adalah Bank Umum Syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) periode 2016-2020. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Jumlah Bank Umum Syariah yang menjadi sampel adalah 9 Bank Umum Syaraiah. Data yang diolah adalah data sekunder dari laporan publikasi tahunan Bank Umum Syariah di website resmi masing�masing bank . Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu menunjukkan bahwa Pendapatan Non Halal tidak berpengaruh signifikan terhadap Reputasi Bank Umum Syariah di Indonesia. Adanya pendapatan Non Halal dalam catatan laporan keuangan perusahaan menunjukan bahwa bank syariah khususnya di Indonesia belum sepenuhnya taat pada ketentuan syariah. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa Zakat berpengaruh positif dan signifikan Terhadap Reputasi Bank Umum Syariah. Zakat di Indonesia sangat di pengaruhi oleh seberapa besar ukuran perusahaan dalam hal ini aset yang dimiliki oleh bank. Selanjutnya, Islamic Corporate Social Responsibility tidak berpengaruh terhadap Reputasi Bank Umum Syariah di Indonesia. Dan Dewan Pengawas Syariah berpengaruh terhadap Reputasi Bank Umum Syariah. Dewan Pengawas Syariah memiliki peran yang penting dalam menyusun laporan tentang tingkat kepatuhan syariah. Secara simultan Pendapatan Non Halal, Zakat, Islamic Corporate Social Responsibility, dan Dewan Pengawas Syariah berpengaruh signifikan terhadap Terhadap Reputasi Bank Umum Syariah. Kata Kunci : Reputasi, Pendapatan Non Halal, Zakat, Islamic Corporate Social Responsibility, dan Dewan Pengawas Syariah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Oct 2022 02:24
Last Modified: 19 Oct 2022 02:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21354

Actions (login required)

View Item View Item