HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DOSEN DENGAN KETERLIBATAN BELAJAR PADA MAHASISWA

Adina, Ulfa (2022) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DOSEN DENGAN KETERLIBATAN BELAJAR PADA MAHASISWA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of ULFA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Hubungan Antara Dukungan Sosial Dosen Dengan Keterlibatan Belajar Pada Mahasiswa Oleh: Adina Ulfa 1531080197 Keterlibatan belajar dalah mahasiswa mampu terlibat secara aktif di lingkungan kampus, baik secara tingkah laku, emosi, dan kognitif. Keterlibatan belajar terwujud dalam perilaku aktif mahasiswa pada pembelajaran seperti mengikuti kegiatan di organisasi, semangat dalam mengerjakan tugas, memiliki perasaan terikat pada kampus, dan juga mampu memikirkan cara untuk memahami pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan hubungan antara dukungan sosial dosen dengan keterlibatan belajar pada mahasiswa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah, ada hubungan antara dukungan sosial dosen dengan keterlibatan belajar pada mahasiswa Program Studi Psikologi Islam Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Raden Intan Lampung. Metode pengumpulan data menggunakan dua skala psikologi yang meliputi : skala keterlibatan belajar terdiri dari 32 aitem yang memiliki nilai koefisien reliabilitas sebesar α = 0,920, dan skala Dukungan sosial dosen terdiri dari 34 aitem yang memiliki nilai koefisien reliabilitas sebesar α = 0,951. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa-mahasiswi angkatan 2018 pada program studi Psikologi Islam di Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Raden Intan Lampung. Subjek yang digunakan sebanyak 60 mahasiswa. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah proporsional random sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis product moment pearson yang dibantu dengan SPSS 22.0 for windows. Data yang dianalisis menunjukan hasil bahwa Rx.y = 0, 665 dan signifikasi 0,000 dimana p < 0,01, yang berarti yaitu ada hubungan iv positif yang signifikan antara dukungan sosial dosen dengan keterlibatan belajar mahasiswa yang artinya semakin rendah dukungan sosial dosen yang maka semakin rendah juga keterlibatan belajar mahasiswa, variabel dukungan sosial dosen terhadap keterlibatan belajar mahasiswa memberikan sumbangan efektif sebesar 0,442, yang ditunjukkan oleh koefisien determinasi (R²) atau sebesar 44,2%, Hal ini menunjukkan bahwa masih ada 55,8 % lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya yang dapat memepengaruhi keterlibatan belajar mahasiswa. Kata Kunci: Keterlibatan Belejar dan Dukungan Sosial Dosen

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Psikologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Psikologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Oct 2022 07:40
Last Modified: 18 Oct 2022 07:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21350

Actions (login required)

View Item View Item