P E N G A R U H K U A L I T A S P E L A Y A N A N , P R O M O S I D A N C I T R A P E R U S A H A A N TERHADAP MINAT NASABAH DALAM MENGGUNAKAN JASA PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BMT KHASANAH ABADI CABANG TULANG BAWANG

Ika, Meliyana Wahyuni (2022) P E N G A R U H K U A L I T A S P E L A Y A N A N , P R O M O S I D A N C I T R A P E R U S A H A A N TERHADAP MINAT NASABAH DALAM MENGGUNAKAN JASA PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BMT KHASANAH ABADI CABANG TULANG BAWANG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI IKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Persaingan antara lembaga keuangan syariah maupun konvensional baik produk sejenis ataupun tidak sejenis menjadikan pentingnya dalam BMT Khasanah Abadi Cabang Tulang Bawang melaksanakan pelayanan, promosi dan memperbaiki citra agar dapat mempengaruhi keputusan konsumen dalam menggunakan suatu produk sehingga dapat meningkatkan jumlah nasabah dan menarik masyarakat menggunakan pembiayaan murabahah di BMT Khasanah Abadi. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, apakah pengaruh kualitas pelayanan, promosi dan citra perusahaan berpengaruh secara parsial dan secara simultan terhadap minat anggota dalam menggunakan jasa pembiayaan murabahah di BMT Khasanah Abadi, kemudian bagaimana minat pengguna jasa pembiayaan dalam perspektif ekonomi islam. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pelayanan, promosi dan citra perusahaan berpengaruh secara parsial dan secara simultan terhadap minat anggota dalam menggunakan jasa pembiayaan murabahah di BMT Khasanah Abadi kemudian untuk mengetahui bagaimana minat pengguna jasa pembiayaan dalam perspektif ekonomi islam. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kuantitatif dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data yang digunakan adalah data primer, melalui penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian sebanyak 50 nasabah dengan jumlah sampel sebanyak 33 nasabah. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji t, uji f dan koefisien determinasi yang diolah dengan program SPSS versi 25. Berdasarkan hasil uji parsial (uji t) menunjukkan bahwa kualitas pelayanan (X1) berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah karena nilai thitung > ttabel yaitu 4,097 > 2,045 dan nilai signifikasi yang dihasilkan 0,000 < 0,05, promosi (X2) berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah karena nilai thitung > ttabel yaitu 7,608 > 2,045 dan nilai signifikasi yang dihasilkan 0,000 < 0,05, dan citra perusahaan (X3) tidak berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah karena nilai signifikasi yang dihasilkan 0,489 > 0,05. Berdasarkan hasil uji f yang dilakukan, diketahui bahwa variabel kualitas pelayanan, promosi dan citra perusahaan secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah karena fhitung > ftabel atau 107,059 > 2,92. Dalam ekonomi islam menjelaskan bahwa Allah Swt. telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan berbagai praktek riba serta mengarahkan pada jalan perniagaan dengan prinsip suka sama suka. minat nasabah pengguna pembiayaan harus didasarkan prinsip kehati-hatian bila hendak melakukan transaksi utang-piutang yang memakai jangka waktu agar terhindar dari bunga atau riba. Agar terhindar dari riba, maka harus menerapkan konsep bisnis Rasulullah yakni shiddiq, amanah, fathanah dan tabligh. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Promosi, Citra Perusahaan dan Minat Nasabah iv ABSTRACT Competition between Islamic and conventional financial institutions, both similar and dissimilar products, makes it important in BMT Khasanah Abadi Tulang Bawang Branch to carry out services, promotions and improve image in order to influence decisions in using a product so as to increase the number of customers and attract people to use murabahah financing at BMT Khasanah Abadi. The formulation of the problem in this study is whether the influence of service quality, promotion and company image partially and simultaneously affects customer interest in using murabahah financing services in a Islamic economic perspective. The purpose of this study is to determine the effect of service quality, promotion and company image partially and simultaneously on customer interest in using murabahah financing services at BMT Khasanah Abadi, then to find out how the interest of users of financing services in an Islamic economic perspective. This type of research is quantitative research. The data obtained in this study are primary data from the results of field research through questionnaires and secondary data in the from of data originating from the BMT Khasanah Abadi document, Tulang Bawang Branch. The population in this study were 50 customers with a total sample of 33 customers. Sampling technique using purposive sampling method. Data analysis using classical assumption test and hypothesis testing using multiple lner regression analysis. In this study the authors used an analysis with SPSS 25. Based on the results of the partial test (t test) shows that the quality of service (X1), has a positive and significant effect on customer interest because the value of thitung > ttabel is 4,097 > 2,045 and the resulting significance value is 0,000 < 0,05, promotion (X2) has a positive and significant effect on customer interest because the value of thitung > ttabel is 7,608 > 2,045 and the resulting significance value is 0,000 < 0,05, and corporate image (X3) has no effect on customer interest because the value of thitung < ttabel is -0,701 < 2,045 and the resulting significance value is 0,489 > 0,05. Based on the result of the f test conducted, it is known that the variables of service quality, promotion and company image simultaneously have a positive and significant effect on customer interest because fhitung > ftabel or 107,059 > 2,92. Islamic economics explains the interest of customers using financing based on the precautionary principle id they want to carry out debt transactions that use a priod of time to avoid interest or usury, because not all financing products use sharia principles. In order to avoid usury, you must apply the business concept of Rasulullah, namely siddiq, amanah, fathonah and tabligh. Keywords: Service Quality, Promotion, Company Image and Customer Interest

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Oct 2022 07:24
Last Modified: 18 Oct 2022 07:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21346

Actions (login required)

View Item View Item