STRATEGI KEPALA DESA DALAM MEMBANGUN KESADARAN PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PEMBANGUNAN DESA PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi di Desa Karang Raja Kecamatan Merbau Mataram Kabupaten Lampung Selatan)

SRI, MARYANI (2022) STRATEGI KEPALA DESA DALAM MEMBANGUN KESADARAN PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PEMBANGUNAN DESA PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi di Desa Karang Raja Kecamatan Merbau Mataram Kabupaten Lampung Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI  SRI MARYANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Partipasi masyarakat merupakan salah satu elemen proses pembangunan desa sehingga partisipasi masyarakat dalam pembangunan perlu dibangkitkan terlebih dahulu oleh beberapa pihak di antaranya kepala desa, sehingga dengan adanya keterlibatan pemerintah desa besar kemungkinan masyarakat akan merasa diberikan peluang atau kesempatan untuk ikut serta dalam pembangunan. Terkait pelaksanaan partisipasi masyarakat di desa, yang dalam hal ini adalah Desa Karang Raja, pengamatan awal peneliti menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat di Desa Karang Raja dalam pelaksanaan kebijakan yaitu terkait pembangunan desa, secara garis besar partisipasi masyarakat di Desa Karang Raja dirasa kurang maksimal, maka dari itu penulis tertarik untuk meneliti lebih jauh. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu, bagaimana strategi Kepala Desa dalam membangun kesadaran partisipasi masyarakat terhadap pembangunan desa di Desa Karang Raja Kecamatan Merbau Mataram Kabupaten Lampung Selatan? dan bagaimana pandangan fiqh siyasah terhadap strategi Kepala Desa dalam membangun kesadaran partisipasi masyarakat terhadap pembangunan desa di Desa Karang Raja Kecamatan Merbau Mataram Kabupaten Lampung Selatan? Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field Research), dan sifat penelitian ini yaitu deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah jenis data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data meliputi interview dan dokumentasi. Teknik pengelolaan data yaitu, editing, coding, rekonstruksi data, dan sistematika data, kemudian data dianalisis dengan metode berfikir induktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik sebuah kesimpulan, pertama, Strategi kepala desa dalam membangun kesadaran partisipasi masyarakat terhadap pembangunan desa di Desa Karang Raja Kecamatan Merbau Mataram Kabupaten Lampung Selatan yaitu, melibatkan masyarakat dalam setiap musyawah terkait dengan pembangunan desa serta dilakukannya pembinaan kepada masyarakat dalam bidang ekonomi, agama, kesehatan dan pelayanan dan pengembangan terhadap masyarakat desa. Namun, dikarenakan kurangnya sosialisasi Pemerintah Desa kepada masyarakat tentang adanya Musrenbangdes yang membahas tentang RPJMDes, sehingga dari apa yang dihasilkan belum seluruhnya mampu menampung aspirasi masyarakat. Kedua, Pandangan fiqh siyasah terhadap strategi iii kepala desa dalam membangun kesadaran partisipasi masyarakat terhadap pembangunan desa di Desa Karang Raja Kecamatan Merbau Mataram Kabupaten Lampung Selatan yaitu bahwa berdasarkan perspektif Islam, strategi kepemimpinan yang diterapkan oleh Kepala Desa dalam mendororng partisipasi dapat dikatakan sesuai dengan prinsip yang ada dalam syari'at Islam, meskipun harus diakui masih ada hal-hal yang kurang ataupun belum terlaksana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Oct 2022 01:59
Last Modified: 18 Oct 2022 01:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21333

Actions (login required)

View Item View Item