PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH KELAS V DI MI AL- KHAIRIYAH KALIAWI KECAMATAN TANJUNG KARANG BARAT KOTA BANDAR LAMPUNG

MEI INDRIYANI, VIVI (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH KELAS V DI MI AL- KHAIRIYAH KALIAWI KECAMATAN TANJUNG KARANG BARAT KOTA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF (SKRIPSI)
Download (14MB) | Preview

Abstract

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH KELAS V DI MI AL- KHAIRIYAH KALIAWI KECAMATAN TANJUNG KARANG BARAT KOTA BANDAR LAMPUNG ABSTRAK Metode Jigsaw adalah metode yang cukup baik. Diharapkan setelah diterapkannya metode tersebut dapat berdampak positif terhadap hasil belajar. Konsep pembelajaran inovatif dengan metode jigsaw kelihatannya akan mendorong guru dan peserta didik melaksanakan praktek pembelajaran secara aktif dan kreatif sehingga diharapkan dapat tercapainya peningkatan hasil pembelajaran. Latar belakang masalah berdasarkan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih merupakan indikasi bahwa pelajaran yang dilaksanakan selama ini belum mencapai ketuntasan dikarenakan beberapa faktor yaitu pembelajaran yang digunakan masih menggunakan metode ceramah, membuat soal tanya jawab dan penugasan. Sehingga dengan ini rumusan masalah nya adalah Apakah Penggunaan Model Pembelajaran Jigsaw Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih pada kelas V di MI Al-Khairiyah Kaliawi Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017?” Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Dengan menggunakan metode metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi dan metode tes yang di gunakan untuk menunjang penelitian ini. Dengan menerapkan strategi pembelajaran ini, peserta didik akan termotivasi untuk lebih giat belajar dan mau membaca materi yang diberikan oleh guru, karena pembelajaran akan lebih bervariatif dan menyenangkan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran jigsaw yang telah di terapkan pada mata pelajaran Fiqih dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V di MI Al-Khairiyah Kaliawi Bandar Lampung. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan pada siklus I sampai siklus II dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw. Pada saat pra siklus siswa yang belum mencapai ketuntasan berjumlah 15 siswa dan yang mencapai ketuntasan berjumlah 7 siswa. pada siklus I pertemuan pertama siswa yang mencapai ketuntasan berjumlah 9 siswa dan yang belum mencapai ketuntasan 12 siswa. pada siklus I pertemuan kedua siswa yang mencapai ketuntasan berjumlah 11 dan yang belum mencapai ketuntasan 11 siswa. pada siklus II pertemuan pertama siswa yang tuntas 14 dan yang belum tuntas 8 siswa. Pada siklus II pertemuan kedua siswa yang mencapai ketuntasan 18 dan yang belum mencapai ketuntasan 4 siswa. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Jigsaw, Hasil Belajar FIQIH, PTK

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: MTI, S.Kom Syahperi Wahyuni
Date Deposited: 20 Nov 2017 03:26
Last Modified: 20 Nov 2017 03:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2133

Actions (login required)

View Item View Item