PANDANGAN FIQH SIYASAH DUSTURIYAH TERHADAP PENERAPAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN PESAWARAN NO. 3 TAHUN 2019 TENTANG PEMILIHAN KEPALA DESA (Studi di Desa Pagar Jaya Kecamatan Punduh Pidada Kabupaten Pesawaran)

MUHAMMAD, SATYA SUJUDI (2022) PANDANGAN FIQH SIYASAH DUSTURIYAH TERHADAP PENERAPAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN PESAWARAN NO. 3 TAHUN 2019 TENTANG PEMILIHAN KEPALA DESA (Studi di Desa Pagar Jaya Kecamatan Punduh Pidada Kabupaten Pesawaran). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI MUHAMMAD SATYA SUJUDI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Desa dalam pemerintahannya dipimpin oleh kepala Desa. Kepala Desa adalah sebagai penyelenggara urusan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan desa. Desa yang berada di Kecamatan Punduh Pidada Kabupaten Pesawaran sesuai dengan peraturan daerah Kabupaten Pesawaran Nomor 3 Tahun 2019 tentang pemilihan kepala desa. Namun dalam prakteknya pilkades yang sudah diatur oleh Undang-undang pemerintah untuk saat ini sangat sulit terselenggara dengan lancar berkualitas karena bermainnya kepentingan politik, ingin berebut kekuasaan yang bertentangan dengan hakikat yang diinginkan oleh amanat undang-undang yaitu pemerintahan desa yang sah. Desa Pagar Jaya yang terletak di Kabupaten Pesawaran dimana mayoritas penduduknya beragama Islam. Yang mana dalam hal ini kebudayaan dan kekeluargaan bersinggungan dengan kepentingan politik, sehingga masyarakat lupa diri akan kepentingan tersebut. Islam sendiri tidak mengatur sistem politik secara spesifik, tetapi dalam juga totalitas ajaran Islam Al�Quran dan Hadits mengajarkan seluruh aspek kehidupan termasuk dalam pemilihan pemimpin dan pengangkatan pemimpin. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni Apakah Pemilihan Kepala Desa di Desa Pagar Jaya Kecamatan Punduh Pidada Kabupaten Pesawaran sudah sesuai dengan Peraturan Daerah No. 3 Tahun 2019 tentang Pemilihan Kepala Desa? dan Bagaimana Pandangan Fiqh Siyasah Dusturiyah, apakah Pemilihan kepala desa di Desa Pagar Jaya Kecamatan Punduh Pidada Kabupaten Pesawaran sudah sejalan dengan Peraturan Daerah? Adapun tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah Pemilihan Kepala Desa di Desa Pagar Jaya Kecamatan Punduh Pidada Kabupaten Pesawaran sudah sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Pesawaran No. 3 Tahun 2019 tentang Pemilihan Kepala Daerah dan Bagaimana Pandangan Fiqh Siyasah Dusturiyah, apakah Pemilihan kepala desa di Desa Pagar Jaya Kecamatan Punduh Pidada Kabupaten Pesawaran sudah sejalan dengan Peraturan Daerah. Dari uraian diatas, maka penulis menggunakan metode penelitian jenis lapangan (field research), yaitu penelitian yang di iii lakukan secara langsung terhadap pristiwa (lampau) dan data-data yang ada di lapangan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Peraturan Daerah Kabupaten Pesawaran No. 3 Tahun 2019 tentang Pemilihan Kepala Daerah di Desa Pagar Jaya tidak dapat dibenarkan menurut Fiqh Siyasah Dusturiyah, karena ada beberapa point yang dilanggar pada pasal 30 ayat 1. Kata Kunci : Perda Kabupaten Pesawaran No. 3 Tahun 2019 tentang Pemilihan Kepala Desa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Oct 2022 07:16
Last Modified: 17 Oct 2022 07:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21329

Actions (login required)

View Item View Item