HUBUNGAN ANTARA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN MOTIVASI KERJA DENGAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) PADA GURU PNS

SRI, WAHYUNI MARIA MAHARANI (2022) HUBUNGAN ANTARA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN MOTIVASI KERJA DENGAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) PADA GURU PNS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI SRI WAHYUNI MARIA MAHARANI (1) (Autosaved) (Autosaved).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Hubungan antara Kepemimpinan Transformasional dan Motivasi Kerja dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada Guru PNS Oleh: Sri Wahyuni Maria Maharani Organizational Citizenship Behavior (OCB) merupakan perilaku yang bersifat sukarela dan gagasan individu, tidak terkait dengan sistem penghargaan resmi dari organisasi namun dapat menaikan efektivitas organisasi. Munculnya perilaku OCB dalam sebuah organisasi menjadi hal yang positif bagi organisasi. Salah satu faktor yang mempengaruhi OCB adalah kepemimpinan transformasional dan motivasi kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kepemimpinan transformasional dan motivasi kerja dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada guru PNS. Populasi dalam penelitian ini adalah guru PNS SMA N Kota Menggala dengan 3 sekolah menengah atas sebanyak 84 guru PNS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan Sampling Jenuh. Pengambilan data menggunakan skala psikologi berupa skala Organizational Citizenship Behavior (OCB), kepemimpinan transformasional, dan motivasi kerja. Skala OCB total 32 aitem (α= 0.913), skala kepemimpinan transformasional total 16 aitem (α= 0.841), dan skala motivasi kerja total 17 aitem (α= 0.862). Teknik analisis menggunakan analisis regresi berganda dengan Software JASP versi 0.16. Hasil penelitian pertama menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara kepemimpinan transformasional dan motivasi kerja dengan OCB pada guru PNS dengan nilai R = 0.908 dan nilai F = 191.294, dengan taraf signifikan p < 0.01, dengan sumbangan efektif (SE) sebesar 82,5% dan 17,5% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Hasil kedua terdapat hubungan positif antara kepemimpinan transformasional dengan OCB pada guru PNS dengan nilai koefisien korelasi = 0.853 dan p < 0.01, sumbangan efektif sebesar 39%. Hasil ketiga menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara motivasi kerja dengan OCB pada guru PNS dengan nilai ( = 0.863 dan nilai p< 0.01, sumbangan efektif sebesar 43,5%. Kata Kunci: Organizational Citizenship Behavior, Kepemimpinan Transformasional, Motivasi Kerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Psikologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Psikologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Oct 2022 06:35
Last Modified: 17 Oct 2022 06:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21326

Actions (login required)

View Item View Item