MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA TENAGA PENDIDIK DI MAN 2 BANDAR LAMPUNG

Rika, Dwi Aryati (2022) MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA TENAGA PENDIDIK DI MAN 2 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1-2 & DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Oleh Rika Dwi Aryati Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana manajemen sumber daya manusia tenaga pendidik di MAN 2 Bandar Lampung, Manajemen sumber daya manusia adalah proses yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pimpinan dan pengendalian kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan analisis pekerjaan, evaluasi pekerjaan, pengadaan, pengembngan, kompensasi, promosi dan pemutusan hubungan kerja guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Sedangkan dalam perencanaan, pengadaan, serta pengembangan dan pelatihan kepala madrasah dapat memberikan sebiah pelatihan yakni workshop, inshouse training, serta diklat yang sesuai dengan bidang. Penelitian ini penulis menguunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, serta dokumentasi. Data primer penelitian ini yakni kepala madrasah, wakil kepala sekolah, serta tenaga pendidik. Data sekunder pada penelitian ini berupa data teoritis dan dokumentasi dan pada data pendukung kinnya diperoleh pada dokumen madrasah. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada perencanaan kepala madrasah telah membuat sebuah program perencaan yakni tenaga pendidik dan tenaga kependidikan akan diikutsertakan dalam program workshop serta inhousetraining guna meningktkan mutu sumber daya manusia. Pada pelaksaan rekrutmen pihak madrasah melakukan proses rekrutmen seuai dengan kebutuhan serta melakukan proses seleksi. Pada proses seleksi pihak madrasah melakukan wawancara terhadap calon kandidat serta tes kemampuan calon kandidat dalam mengajar. Proses penempatan yang dilakukan oleh kepala madrasah yakni ditentukan sesuai dengan latar belakang pendidikan serta ditempatkan sesuai dnegan posisi yang dibutuhkan oleh pihak madrasah. Kepala madrasah iii membebaskan para tenaga pendidik dan kependidikan dalam mengikuti program pengembangan diri yakni workshop dan dan diklat sesuai dengan bidnagnya guna menambah wawasan. Kepala sekolah mengadakan program pelatihan rutin yang diadakan setiap pergantian semester atau 6 bulan sekali. Pada pelatihan dilakukan maksimal 3 hari dan paling cepat dilakukan dalam 1 hari guna menambah wawasan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Kata Kunci : Manajemen Sumber Daya Manusia, Tenaga Pendidik, MAN iv ABSTRACT By Rika Dwi Aryati The purpose of this study is to describe how the management of human resources for educators at MAN 2 Bandar Lampung, Human resource management is a process consisting of planning, organizing, leading and controlling activities related to job analysis, job evaluation, procurement, development, compensation, promotion and termination of employment in order to achieve the goals that have been set. Meanwhile, in planning, procurement, and development and training, madrasah principals can provide training, namely workshops, inhouse training, and training in accordance with the field. In this study, the author uses a qualitative descriptive method. This study uses data collection techniques by means of interviews, observation, and documentation. The primary data of this study were the head of the madrasa, vice principal, and educators. The secondary data in this study are in the form of theoretical data and documentation and the supporting data may be obtained from madrasa documents. Data analysis in this study uses data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the study indicate that in planning the head of the madrasah has made a planning program, namely educators and education staff will be included in the workshop program and inhousetraining in order to improve the quality of human resources. In the implementation of recruitment, the madrasah conducts a recruitment process according to the needs and conducts a selection process. In the selection process, the madrasah conducts interviews with prospective candidates and tests the candidate's ability to teach. The placement process carried out by the head of the madrasa is determined according to the educational background and is placed in accordance with the position required by the madrasa. The madrasa head frees educators and education staff to participate in self-development programs, namely workshops and training in accordance with their fields in order to add v insight. The principal holds a routine training program which is held every semester or every 6 months. The training is carried out a maximum of 3 days and the fastest is done in 1 day in order to broaden the knowledge of educators and education staff. Keywords: Human Resource Management, Educators, MAN

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Oct 2022 04:24
Last Modified: 17 Oct 2022 04:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21324

Actions (login required)

View Item View Item