PERAN TNI MANUNGGAL MEMBANGUN DESA (TMMD) DALAM MENINGKATKAN SOLIDARITAS MASYARAKAT DI DESA GUNUNG TAPA ILIR KECAMATAN GEDUNG MENENG KABUPATEN TULANG BAWANG

FEBRISA, ABRIYA VALENTINA (2022) PERAN TNI MANUNGGAL MEMBANGUN DESA (TMMD) DALAM MENINGKATKAN SOLIDARITAS MASYARAKAT DI DESA GUNUNG TAPA ILIR KECAMATAN GEDUNG MENENG KABUPATEN TULANG BAWANG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of FEBRISA ABRIYA VALENTINA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan program terpadu yang dilakukan oleh seluruh personel TNI dalam rangka membantu pemerintah dalam aklerasi pembangunan masyarakat, baik fisik maupun non fisik. Proses pembangunan masyarakat seperti TMMD ini dapat ditinjau dari sisi partisipasi atau keterlibatan masyarakatnya. Partisipasi masyarakat dalam kegiatan pembangunan masyarakat seperti TMMD ini meliputi identifikasi potensi, permasalahan yang ada di masyarakat, penguasaan program berdasarkan kebutuhan lokal, implementasi dalam pelaksanaan dan pengawasan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Peran TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dalam meningkatkan solidaritas masyarakat di desa Gunung Tapa Ilir Kecamatan Gedung Meneng Kabupaten Tulang Bawang dan Apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat Peran TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dalam meningkatkan solidaritas masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan atau Field Research, penelitian ini bersifat deskriptif yakni menggambarkan suatu hasil penelitian dengan menggunakan pendekatan Sosiologis, Antropologi, Religius dan pengumpulan data dengan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Pengambilan informan menggunakan Purposive Sampling dengan mengambil Key Informan, informan utama dan informan tambahan. Hasil penelitian ini Peran TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Dalam Meningkatkan Solidaritas Masyarakat Di Desa Gunung Tapa Ilir Kecamatan Gedung Meneng Kabupaten Tulang Bawang adalah dengan adanya program yang dilaksanakan Di Desa Gunung Tapa Ilir seperti kegiatan sosial, bergotong royong, bakti sosial, penyuluhan pertanian, penyuluhan perternakan, dan penyuluhan kesehatan. Terciptanya solidaritas antar masyarakat disebabkan karena adanya keterlibatan masyarakat dalam berbagai kegiatan yang mana masyarakat saling bergotong-royong dan terjun langsung ke lapangan berbaur menjadi satu. Faktor pendukung TMMD dalam meningkatkan solidaritas masyarakat adalah dengan adanya dukungan dari pemerintah daerah maupun aparatur desa, adanya dukungan dari lingkungan, partisipasi masyarakat, adanya kerja sama yang baik. Sedangkan faktor penghambatnya adalah sebagian sikap individu masyarakat yang masih menutup diri dengan hal baru. Program TMMD ini juga mempunyai kelemahan dari segi alokasi waktu yang cukup singkat dan minim yakni hanya 30 hari. Kata kunci : TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), Solidaritas, Masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Sosiologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Oct 2022 04:12
Last Modified: 17 Oct 2022 04:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21323

Actions (login required)

View Item View Item