PERAN BADAN PENGAWAS PEMILIHAN UMUM KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM PEMILIHAN KEPALA DAERAH TAHUN 2020 PADA MASA PANDEMI CORONAVIRUS DISEASE 2019 PERSPEKTIF SIYASAH TANFIZIYYAH

DIAN, GINANJAR YUSUF (2022) PERAN BADAN PENGAWAS PEMILIHAN UMUM KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM PEMILIHAN KEPALA DAERAH TAHUN 2020 PADA MASA PANDEMI CORONAVIRUS DISEASE 2019 PERSPEKTIF SIYASAH TANFIZIYYAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI DIAN GINANJAR YUSUF.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pada Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020 sangat berbeda dari Pemilihan Kepala Daerah Sebelumnya di karenakan terjadinya pandemi (Coronavirus Disease 2019). Dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah terganggu dan tidak berjalan semestinya banyak perubahan yang terjadi saat pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020, dalam hal ini Badan Pengawas Pemilihan Umum sebagai organisasai yang menangui dan sebagai lembaga penanggung jawab pemilihan di seluruh Indonesia dan memalui kantor cabang wilayah Kota Bandar Lampung penulis ingin menggali lebih dalam tentang Pemiihan Kepala Daerah yang ada di wilayah Kota Bandar Lampung. Oleh sebab itu penulis memilih judul “Peran Badan Pengawas Pemilihan Uumum Kota Bandar Lampung Dalam Pemilihan Kepala Daerah 2020 Pada Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 Perspektif Siyāsah Tanfiżiyyah’’ dengan rumusan masalah : Bagaimana pelaksanaan Pemilihan Kepala Darerah Tahun 2020 di masa pandemi coronavirus disease 2019 di Kota Bandar Lampung, Bagaimana tinjauan Siyāsah Tanfiżiyyah tentang Pemilihan Kepala Daerah pada masa pandemi coronavirus disease 2019. Jenes penelitian ini adalah (Field Research) yang dilakukan di Badan Pengawas Pemilihan Umum Kota Bandar Lampung. Sifat penelitian ini adalah Kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer yaitu data yang diperoleh dari hasil wawancara, dan dokumentasi dari pihak Badan Pengawas Pemilihan Umum Kota Bandar Lampung. Data sekunder yaitu data yang di peroleh melalui penelaahan buku – buku yang berkaitan dan menunjang peneitian ini, kemudian data – data tersebut diolah dengan cara editing, organizing, dan analizing sehingga setelah semua data terkumpul, penulis melanjutka dengan melakukan analisis data dengan menggunakan metode deskriptif analisis kualitatif. Dari penelitian di atas, penulis dapat menganalisis bahwa pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah di tengah pandemi (coronavirus disease 2019) di Kota Bandar Lampung berjalan dengan baik dan lancar dalam pelaksanaan pemilihan, Badan Pengawas Pemilihan Umum sudah menerapkan protokol kesehatan yang di butuhkan seperti masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak (3M). Dalam hal ini Pemerintah pusat melalu Badan Pengawas Pemilihan Umum menghimbau agar selalu waspada terhadap virus ini dikarenakan virus ini mudah sekali menular. Sedangakan analisis Siyāsah Tanfiżiyyah terhadap Pemilihan Kepala Daerah, dalam pelaksanaan sudah baik dan benar meski Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020 berjalan di tengah pandemi (coronavirus disease 2019) meski Pemilihan Kepala Daerah terasa dipaksakan pelaksanaannya dan tinjauan Siyāsah Tanfiżiyyah Pemilihan Kepala Daerah ini sudah sah dan baik karena sudah mematuhi protokol kesehatan (coronavirus disease 2019).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Oct 2022 02:31
Last Modified: 17 Oct 2022 02:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21319

Actions (login required)

View Item View Item