IMPLEMENTASI PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA PERSFEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Pada Dinas Sosial Kota Bandar Lampung )

RATIH, PERMATA SARI (2022) IMPLEMENTASI PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA PERSFEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Pada Dinas Sosial Kota Bandar Lampung ). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Cover Bab 1-2 Dapus.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Perlindungan Hukum Terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa Persfektif Hukum Islam pada Dinas Sosial Kota Bandar Lampung. Sebagai negara hukum maka Indonesia telah menjunjung Hak Asasi Manusia. Oleh karena itu setiap warga negara Indonesia wajib dilindungi hak-haknya, Tidak terkecuali orang dengan gangguan jiwa. Upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk memenuhi hak orang dengan gangguan jiwa ialah hak hidup bagi penderita gangguan jiwa. Bahwa orang dengan gangguan jiwa ini masih mendapatkan perlakuan diskriminatif, stigma dan tersingkir dari lingkungannya. Banyak penderita gangguan jiwa yang tidak mendapatkan penanganan secara medis dikarena oleh factor ekonomi. Dalam penelitian ini yang menjadi rumusan masalah ialah Bagaimana penerapan perlindungan hukum terhadap Orang dengan Gangguan Jiwa yang dilakukan oleh Dinas Sosial? Dan Bagaimana pandangan Hukum Islam terhadap Perlindungan Hukum terhadap Orang dengan Gangguan Jiwa yang dilakukan oleh Dinas Sosial?. Hal tersebutlah yang mendotong penulis untuk mengetahui bagaimana peran Dinas Sosial dalam melakukan Perlindungan Hukum Terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan di lapangan atau pada informan, penelitian ini juga menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dan sumber data yang diperoleh yaitu data primer yang diperoleh dari wawancara dengan para informan dan data sekunder yang berupa dokumen, Undang-Undang, buku-buku, Al-Qur‟an dan Hadist, serta data tersier yang diperoleh dari internet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dinas Sosial Kota Bandar Lampung dalam melaksanakan perlindungan hukum terhadap orang dengan gangguan jiwa telah sesuai dengan peraturan dan Undang-Undang yang berlaku namun masih ada kekurangan yaitu kekurangan panti social yang dimana ini menghambat Dinas Sosial dalam mensosialisasikan Orang Dengan gangguan Jiwa, Dalam Pandangan Fiqh Siyasah sudah sejalan dengan Fiqh Siyasah Tanfidziyah karna sudah menjalankan Amanah dari peraturan perundang-undangan. Perlindungan Orang Dengan Gangguan Jiwa merupakan sebuah kewajiban hal ini sebagaimana bahwa Dinas Sosial Kota Bandar Lampung telakh melaksanakan tugasnya secara Amanah. Oleh karena itu para penegak Hukum harus bisa menanamkan sikap Amanah dan dijalankan sebaik-baiknya sebagai bentuk pertanggung jawaban. Maka hal tersebut akan menimbulkan kemaslahatan di masyarakat. Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Orang Dengan Gangguan Jiwa, Fiqh Siyasah, Dinas Sosial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Oct 2022 07:57
Last Modified: 14 Oct 2022 07:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21316

Actions (login required)

View Item View Item