PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN SOFTWARE CABRI 3D V2 TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR

HUSNUL, KHOTIMAH (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN SOFTWARE CABRI 3D V2 TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (17MB)
[thumbnail of SKRIPSI HUSNUL KHOTIMAH 1811100313.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan software Cabri 3D V2 terhadap kemampuan literasi numerasi peserta didik di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Experiment. Teknik pengumpulan sampel menggunakan Cluster Random Sampling dari populasi seluruh kelas V di MIN 12 Bandar Lampung, didapatkan sampel yaitu kelas VB sebagai kelas eksperimen dan kelas VC sebagai kelas kontrol. Desain penelitian menggunakan Pretest-Postest Control Group Design sehingga data dikumpulkan dua kali pada awal (pretest) dan akhir (postest). Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan literasi numerasi berjumlah enam soal yang telah melalui uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda sehingga layak digunakan sebagai alat ukur penelitian. Teknik analisis data menggunakan Uji t independen. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada taraf (α = 0,05) dengan perolehan hasil thitung (8,398) > ttabel (2,007). Penelitian ini memperoleh hasil bahwa model pembelajaran problem based learning berbantuan software Cabri 3D V2 berpengaruh terhadap kemampuan literasi numerasi peserta didik kelas V di MIN 12 Bandar Lampung. Pengaruh yang signifikan terlihat dari peningkatan lebih besar pada setiap indikator kemampuan literasi numerasi pada kelas eksperimen daripada kelas kontrol melalui penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan software Cabri 3D V2. Kata Kunci: Kemampuan Literasi Numerasi, Model Pembelajaran Problem Based Learning, Software Cabri 3D V2, Volume Kubus dan Balok

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Oct 2022 08:01
Last Modified: 13 Oct 2022 08:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21311

Actions (login required)

View Item View Item