PERAN APARATUR KELURAHAN CAMPANG JAYA KECAMATAN SUKABUMI DALAM PENANGGULANGAN PERJUDIAN KARTU MENURUT FIQH SIYASAH (Studi Kasus di Kelurahan Campang Jaya Kecamatan Sukabumi Kota Bandar Lampung)

SYAIFUDIN, Bahrudin (2022) PERAN APARATUR KELURAHAN CAMPANG JAYA KECAMATAN SUKABUMI DALAM PENANGGULANGAN PERJUDIAN KARTU MENURUT FIQH SIYASAH (Studi Kasus di Kelurahan Campang Jaya Kecamatan Sukabumi Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI SYAIFUDIN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Sebagai warga negara yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa tidak boleh tertipu dengan tipu daya dan kenikmatan di dunia karena itu merupakan siasat dari syaitan untuk menjerumuskan umat manusia ke dalam lembah kesengsaraan. Kenyataan yang terjadi dan berkembang dalam masyarakat Kelurahan Campang Jaya Kecamatan Sukabumi banyak terjadi perjudian antara lain, domino, kartu remi dan sebagainya, sedangkan di Kelurahan Campang Jaya Kecamatan Sukabumi 90% penduduknya memeluk agama Islam dan banyak didirikan masjid-masjid sebagai tempat beribadah, perkumpulan pengajian, Ikatan Remaja Masjid, namun kurang diminati oleh warga masyarakat. Realitas di lapangan menunjukkan banyak warga masyarakat yang ikut terjun langsung dalam arena perjudian yang semakin lama semakin mengkhawatirkan dan dapat menjerumuskan kelembah kesengsaraan baik di dunia maupun di akhirat. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana peran Aparatur Kelurahan Campang Jaya Kecamatan Sukabumi dalam penanggulangan perjudian kartu? dan bagaimana tinjauan fiqh siyasah terhadap peran Aparatur Kelurahan Campang Jaya Kecamatan Sukabumi dalam penanggulangan perjudian kartu domino? Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field Research), dan sifat penelitian ini yaitu deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah jenis data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data meliputi, observasi interview, dan dokumentasi, kemudian data dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik sebuah kesimpulan, Pertama, peran Aparatur Kelurahan Campang Jaya Kecamatan Sukabumi dalam penanggulangan perjudian kartu ada tiga yaitu melalui pendidikan hukum dan agama, pencegahan dengan cara disosialisasikan tentang kesadaran hukum masyarakat melalui keagamaan dan kearifan lokal, dan tindakan hukum dengan cara penggrebekan yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas dan masyarakat kemudian diproses di Polsek Sukarame Kota Bandar Lampung sesuai hukum yang berlaku. Kedua, peran Aparatur Kelurahan Campang iii Jaya Kecamatan Sukabumi dalam penanggulangan perjudian kartu di Kelurahan Campang Jaya Kecamatan Sukabumi tidak bertentangan dengan hukum Islam bahkan mengacu kepada spesifikasi fiqh siyasah dusturiyyah dan tanfiziyyah, yang di dalamnya mengatur manusia dalam hidup bermasyarakat dan bernegara dengan membimbing mereka kepada kemaslahatan dan menjauhinya dari kemudaratan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Oct 2022 07:41
Last Modified: 13 Oct 2022 07:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21310

Actions (login required)

View Item View Item