BIMBINGAN KEAGAMAAN DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK BEKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI (SLBN) PKKPROVINSI LAMPUNG

FADILAH, AULIA (2022) BIMBINGAN KEAGAMAAN DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK BEKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI (SLBN) PKKPROVINSI LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Bab 1-5 Dapus.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi Cetak Fadilah Aulia Bab 1-5 Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Bimbingan keagamaan yang khusus dilakukan bagi anak berkebutuhan khusus masih jarang ditemukan dalam dunia Pendidikan, terutama Pendidikan inklusif. Oleh karena itu, perlu adanya pemberian bantuan melalui ajaran agama, untuk memberikan pemahaman, motivasi, dan dukungan kepada siswa dalam menjalani kehidupannya. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah bagaimana cara pelaksanaan bimbingan keagamaan dalam meningkatkan kepercayaan diri anak berkebutuhan khusus di Sekolah Luar biasa Negeri (SLBN) PKK Provinsi Lampung. Jenis penelitian ini yaitu field research (Penelitian Lapangan) yang bersifat kualitatif deskriptif,yaitu penelitian yang berupaya menghimpun, mengelola, dan menganalisa data secara kualitatif. Sumber data primer diperoleh dari wawancara dengan kepala sekolah, 3 pembimbing, dan 5 siswa/I penyandang disabilitas tunagrahita kelas VII dan VIII. Dan sumber data sekunder diperoleh dari , buku, dokumen, internet, dan media cetak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah Teknik wawancara tidak terstruktut, observasi non partisipan, dan dokumentasi. Sedangkan Teknik Analisa data dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dengan logika berfikir, logis, analisis dengan logika, induksi, dedukasi, analogi, komperasi, dan lain sebagainya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan oleh pembimbing dilakukan dnegan tahapan bimbingan keagamaan yaitu : 1) tahap perencanaan kegiatan, yaitu mempersiapkan segala kebutuhan untuk memperlancar kegiatan bimbingan keagamaan yang meliputi : menetapkan materi layanan, menetapkan tujuan dan hasil yang ingin dicapai, menetapkan sarana kegiatan, menetapkan metode atau Teknik khusus, menetapkan waktu dan tempat serta jadwal pelaksanaan kegiatan bimbingan keagamaan. 2). Tahap pelaksanaan kegiatan, mencakup pembentukan kelompok, program pengenalan dan kegiatan bimbingan keagamaan. 3). Tahap Operasional yang mencakup faktor pendukung dan faktor penghambat dalam kegiatan bimbingan keagamaan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa anak berkebutuhan khusus yang ada di iv Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) PKK Provinsi Lampung memiliki perubahan yang terjadi dalam diri mereka berupa adanya peningkatan kepercayaan diri dalam diri mereka baik ddalam lingkup sekolah maupun dlaam lingkup masyarakat. Kata Kunci : Bimbingan Keagamaan, Anak Berkebutuhan Khusus, Kepercayaan Diri. v ABSTRACT Religious guidance that is specifically carried out for children with special needs is still rarely found in the world of education, especially inclusive education. Therefore, it is necessary to provide assistance through religious teachings, to provide understanding, motivation, and support to students in living their lives. The purpose of this research is how to implement religious guidance in increasing the confidence of children with special needs in the PKK State Special School (SLBN) Lampung Province. This type of research is a qualitative descriptive field research, namely research that seeks to collect, manage, and analyze data qualitatively. Primary data sources were obtained from interviews with the principal, 3 supervisors, and 5 students/I students with mental retardation in grades VII and VIII. And secondary data sources are obtained from e-mail, books, documents, internet, and print media. Data collection techniques used in this study are unstructured interview techniques, non-participant observation, and documentation. While the data analysis technique in this study is qualitative data analysis with logical thinking, logic, analysis with logic, induction, deduction, analogy, comparison, and so on. The results of this study indicate that the efforts made by the supervisor are carried out with the stages of religious guidance, namely: 1) the planning stage of activities, namely preparing all the needs to facilitate religious guidance activities which include: determining service materials, setting goals and results to be achieved, determining activity facilities , determine the method or special technique, determine the time and place as well as the schedule for the implementation of religious guidance activities. 2). The implementation stage of the activities includes group formation, introduction programs and religious guidance activities. 3). Operational stage which includes supporting factors and inhibiting factors in religious guidance activities. Based on the results of this study, it can be concluded that children with special needs in the PKK State Special School (SLBN) of Lampung Province have changes that vi occur in them in the form of an increase in self-confidence in themselves both within the school and in the community. Keywords: Religious Guidance, Children with Special Needs, Confidence.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Oct 2022 03:36
Last Modified: 13 Oct 2022 03:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21304

Actions (login required)

View Item View Item