LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN SELF-EFFICACY KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS Xl DI SMK ISLAM ADILUWIH KABUPATEN PRINGSEWU

Sischa, Aryani (2022) LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN SELF-EFFICACY KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS Xl DI SMK ISLAM ADILUWIH KABUPATEN PRINGSEWU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI Sischa Aryani.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Layanan bimbingan kelompok yang dilaksanakan untuk membantu siswa kelas XI di SMK Islam Adiluwih Kabupaten Pringsewu untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi siswa. Kegiatan layanan bimbingan kelompok dilatar belakangi rendahnya self-efficacy kewirausahaan pada diri siswa. Siswa SMK berada ditahap perkembangan remaja akhir dimana siswa dihadapkan pada permasalahan pengambilan keputusan pemilihan karir seperti dalam bidang kewirausahaan. Selanjutnya ada dua rumusan masalah yaitu bagaimana layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan Self efficacy kewirausahaan pada diri siswa kelas XI di SMK Ialam Adiluwih Kabupaten Pringsewu dan bagaiamana hasil dari layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan Self efficacy kewirausahaan pada diri siswa kelas XI di SMK Ialam Adiluwih Kabupaten Pringsewu. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses layanan bimbingan kelompok dan hasil dari pelaksanaan layanan bimbingan kelompok siswa kelas XI SMK Islam Adiluwih Kabupaten Pringsewu dalam meningkatkan self-efficacy kewirausahaan. Jenis Penelitian ini adalah (field research) atau penelitian lapangan sifatnya kualitatif deskriptif. Pengambilan sampel peneliti menggunakan purposive sampling, jumlah sampel dari penelitian ini yaitu 10 orang terdiri dari 1 guru bk, 1 guru kewirausahaan dan 8 orang siswa. Sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode Miles dan Huberman yaitu data reduction, display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian dari penelitian ini yaitu layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan self-efficacy kewirausahaan siswa kelas XI menggunakan 4 tahap yaitu tahap pembentukkan, peralihan, kegiatan (inti) pembahasan, dan pengakhiran., Layanan bimbingan kelompok ini bisa membantu siswa yang memiliki permasalahan yang sama. Perubahan yang terjadi sesudah mengikuti layanan bimbingan kelompok di SMK Islam Adiluwih Kabupaten Pringsewu yaitu siswa yang awalnya rendah self-efficacy kewirausahaan sekarang menjadi lebih berani menunjukkan akan kemampuan yang mereka miliki dan siswa menjadi termotivasi karena materi-materi yang disampaikan sangat cocok untuk memotivasi diri mereka yang rendah self-efficacy dalam kewirausahaan, bahkan dalam bimbingan kelompok mereka sudah ada yang memulai usahanya sendiri. Kata kunci: Bimbingan kelompok, self-efficacy, kewirausahaan iv ABSTRACT Group guidance services are carried out to help class XI students at Adiluwih Islamic Vocational School, Pringsewu Regency to solve problems faced by students. Group guidance service activities are motivated by low entrepreneurial self-efficacy in students. Vocational High School students are at the stage of late adolescent development where students are faced with the problem of making career choice decisions such as in the field of entrepreneurship. Furthermore, there are two problem formulations, namely how group guidance services can increase entrepreneurial self-efficacy in class XI students at SMK Ialam Adiluwih Pringsewu Regency and how the results of group guidance services can increase entrepreneurial self-efficacy in class XI students at SMK Ialam Adiluwih Pringsewu Regency. The purpose of this study was to find out how the process of group guidance services and the results of the implementation of group guidance services for class XI students of SMK Islam Adiluwih Pringsewu Regency in increasing entrepreneurial self-efficacy. This type of research is (field research) or descriptive qualitative field research. Sampling researchers used purposive sampling, the number of samples from this study were 10 people consisting of 1 BK teacher, 1 entrepreneurship teacher and 8 students. Primary and secondary data sources. Data collection techniques are observation, interviews and documentation. The data analysis technique used the Miles and Huberman method, namely data reduction, display, and conclusion drawing/verification. The results of this study are group guidance services to improve entrepreneurial self-efficacy of class XI students using 4 stages, namely the formation, transition, discussion (core) activities, and termination. This group guidance service can help students who have the same problem. Changes that occurred after participating in group guidance services at the Adiluwih Islamic Vocational School, Pringsewu Regency, namely students who initially had low entrepreneurial self-efficacy are now more daring to show their abilities and students become motivated because the materials presented are very suitable to motivate themselves. low self-efficacy in entrepreneurship, even in their group guidance there are already those who start their own business. Keywords: Group guidance, self-efficacy, entrepreneurship

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Oct 2022 03:24
Last Modified: 13 Oct 2022 03:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21303

Actions (login required)

View Item View Item