STRATEGI PEMERINTAH KABUPATEN TANGGAMUS DALAMMEWUJUDKAN LINGKUNGAN BEBAS COVID-19 DALAM PERPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi di Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus)

Roby, Chandra (2022) STRATEGI PEMERINTAH KABUPATEN TANGGAMUS DALAMMEWUJUDKAN LINGKUNGAN BEBAS COVID-19 DALAM PERPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi di Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi perpustakaan.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of skripsi lengkap.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Wabah Covid-19 di Indonesia tidak bisa terus dibiarkan, hal itu dikarenakan wabah Covid-19 tidak hanya berimbas kepada kesehatan. Namun, juga berimbas ke sektor lainnya seperti ekonomi, sosial, pariwisata maupun pendidikan. Penyekatan dan pembatasan hanya akan memperburuk keadaan ekonomi masyarakat. Langkah lain harus segera dilakukan oleh pemerintah. Salah satunya yaitu mewujudkan lingkungan bebas Covid-19. Permasalahan dalam skripsi ini yaitu: Bagaimana strategi pemerintah Kabupaten Tanggamus dalam mewujudkan lingkungan bebas Covid-19 serta Bagaimana pandangan Fiqh Siyasah terhadap strategi pemerintah Kabupaten Tanggamus dalam mewujudkan lingkungan bebas Covid-19. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: mengetahui strategi pemerintah Kabupaten Tanggamus dalam mewujudkan lingkungan bebas Covid-19 di Kabupaten Tanggamus serta mengetahui pandangan Fiqh Siyasah terhadap strategi pemerintah Kabupaten Tanggamus dalam mewujudkan lingkungan bebas Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research). Menggunakan metode deskriftif kualitatif untuk memperoleh data penulis menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data primer diperoleh langsung dari responden mengenai strategi Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus dalam mewujudkan lingkungan bebas Covid-19. Sedangkan data sekunder berupa teori-teori dan norma hukum serta penunjang lainnya diperoleh dari kepustakaan, dan dokumentasi. Semua data tersebut merupakan bahan-bahan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi pemerintah Kabupaten Tanggamus dalam mewujudkan lingkungan bebas covid-19. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwasanya Pemerintah Kabupaten Tanggamus membentuk suatu Gugus Tugas Penangananan Covid-19 yang anggotanya berisikan Inspektur Daerah, Bappelitbang, Kepala BPK, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan Kabupaten, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa K, Pelaksana BPBD, Satpol PP, RSUD Kota Agung, serta TNI dan POLRI. Selain membentuk Gugus Tugas pemerintah kabupaten Tanggamus juga ii melakukan sosialisasi, penyuluhan, serta sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan. Sementara itu, analisis fiqh siyasah dalam mewujudkan lingkungan bebas Covid-19 berkaitan dengan siyasah Tanfidziyah. Pelaksanaan lingkungan bebas Covid-19 di kabupaten Tanggamus telah berjalan dengan baik. Strategi yang telah diberlakukan tersebut merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh ulil amri (pemerintah) dalam rangka menanggulangi penyebaran virus Covid-19 dan masyarakat harus menuruti perintah dari para ulil amri sebagai bentuk kepatuhan di dalam surah An-Nisa 59.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Oct 2022 04:57
Last Modified: 12 Oct 2022 04:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21293

Actions (login required)

View Item View Item