ANALISIS KARAKTERISTIK PROSES BERFIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV PADA SAAT MELAKUKAN AKTIVITAS MEMBAGI DI TINJAU DARI PRESTASI BELAJAR MIN 11 BANDAR LAMPUNG

JUSTINA, ASYIFA OKTARIZA (2022) ANALISIS KARAKTERISTIK PROSES BERFIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV PADA SAAT MELAKUKAN AKTIVITAS MEMBAGI DI TINJAU DARI PRESTASI BELAJAR MIN 11 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI  JUSTINA ASYIFA OKTARIZA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimanakah karakteristik dalam proses berpikir kritis pada peserta didik kelas IV saat melakukan aktivitas membagi di tinjau dari prestasi belajar. Akttivitas membagi dalam pembelajaran matematika membutuhkan factor-faktor pendukung agar peserta didik dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan baik dan mencapai tujuan pembelajaran dengan meraih prestasi belajar. Kemampuan peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran matematika dengan aktivitas membagi dapat didorong oleh karakteristik yang dimiliki oleh peserta didik dan kemampuan peserta didik berfikir secara kritis. Jenis penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti disini adalah jenis penelitian diskriptif kualitatif, di mana peneliti menggunakan data kualitatif yang dideskripsikan untuk menghasilkan pendeskripsian secara rinci dan jelas. Pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah dengan cara melakukan tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Sesuai dengan tujuan penelitian maka penelitian ini memakai metode kualitatif, sehingga analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan tahapan: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Simpulkan dari dilakukannya penelitian ini, peneliti menemukan bahwa penemuan dalam penelitian ini menemukan bahwa gasil tes yang telah peneliti lakukan menunjukkan karakteristik dan berfikir kritis peserta didik sangat dibutuhkan dalam aktivitas mebagi pada pembelajaran matematika. Hal tersebut membuktikan bahwa dengan adanya karakteristik dan berfikir kritis maka prestasi belajar dapat diraih oleh peserta didik terutama dalam aktivitas membagi pada pembelajaran matematika pada peserta didik kelas IV MIN 11 Bandar Lampung. Hal tersebut diindikasikan karena pebelajaran matematika membutuhkan peserta didik yang memiliki karakter dan berfikir kritis karena dengan peserta didik yang berkarakter dan berpikir kritis memungkinkan peserta didik mampu menganalisis pemikirannya sendiri untuk memutuskan suatu pilihan dan menarik kesimpulan. Kata Kunci: Karakteristik, Berfikir Kritis, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Oct 2022 06:50
Last Modified: 11 Oct 2022 06:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21280

Actions (login required)

View Item View Item