ANALISIS FIQH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI UNDANG�UNDANG NOMOR 40 TAHUN 1999 TENTANG PERS PADA PASAL 6 (Studi di Tribun Lampung)

Arief, Fajar Nugroho (2022) ANALISIS FIQH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI UNDANG�UNDANG NOMOR 40 TAHUN 1999 TENTANG PERS PADA PASAL 6 (Studi di Tribun Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (9MB)
[thumbnail of SKRIPSI Arief Fajar Nugroho.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Kebebasan adalah kewenangan seseorang untuk melakukan suatu perbuatan yang tidak merugikan pihak lain. Berdasarkan asas kebebasan Islam, semua masyarakat dalam suatu negara harus diakui oleh konstitusinya sebagai pihak yang memiliki kewenangan untuk berbuat. Kebebasan pers merupakan kebebasan yang mutlak dan menjadi wadah bagi masyarakat luas yang ingin menyampaikan aspirasi, kritikan serta saran kepada pemerintah. Kebebasan pers memiliki dampak yang sangat besar bagi kehidupan sosial masyarakat. Sebab itu, pemerintah harus membuat regulasi yang menjadi pijakan aktivitas jurnalisme masyarakat sehingga tidak mengganggu kemaslahatan public. Kebebasan pers tidak mutlak dan tanpa kendali. Aktivitas pers tidak diperkenankan mempublikasikan pemikiran, ajaran, dan acara yang bertentangan dengan nilai-nilai agama, budaya , dan merusak tatanan masyarakat. Sebaliknya, negara dilarang melakukan pembatasan ketat terhadap aktivitas pers hingga mengekang kebebasan berekspresi. Adapun yang menjadi permasalahan dari judul skripsi ini adalah apa yang dimaksud dengan implementasi Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang pers, penerapan tersebut seiring dengan berjalan nya waktu pers semakin hari semakin tidak takut untuk mengkritik penguasa, tidak heran jika ada wartawan dari sebuah media melakukan penyimpangan dengan cara di sogok atau di beri uang agar berita yang didapat tidak di naikan ke publik. Hal tersebut tentu melanggar undang-undang yang sudah diatur serta melanggar kode etik jurnalistik. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif. Artinya, penulis menggunakan metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode pengolahan data adalah editing dan sistematika data. Metode analisa data yang bersifat deskriptif analistis adalah kualitatif dan pendekatan yang bersifat induktif. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa: 1. Implementasi Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang pers telah berjalan dengan baik dan semaksimal mungkin, hal ini tidak lepas dari perspektif Hukum Islam yang mengatur tentang pers karena semua yang dilakukan oleh umat manusia umat di bumi sudah diatur dalam Al Qur’an dan As Sunnah. Dalam pandangan Islam, pers harus sesuai dengan azas dan norma yang berlaku. Tribun lampung telah berusaha menerapkannya walaupun ada wartawan/karyawan yang melakukan hal penyimpangan yang tidak sesuai dengan azas dan norma yang diatur dalam undang-undang serta dalam Al Qur’an dan As Sunnah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Oct 2022 06:40
Last Modified: 11 Oct 2022 06:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21279

Actions (login required)

View Item View Item