Peran guru pendidikan agama islam dalam membentuk karakter peserta didik di kelas II SdIt Insan Kamil Bandar Lampung

Nur Aidah, Cicih (2017) Peran guru pendidikan agama islam dalam membentuk karakter peserta didik di kelas II SdIt Insan Kamil Bandar Lampung. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
PDF
Download (584kB) | Preview
[thumbnail of Halaman_Depan.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Isi.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab_I.pdf]
Preview
PDF
Download (452kB) | Preview
[thumbnail of Bab_II.pdf]
Preview
PDF
Download (191kB) | Preview
[thumbnail of Bab_III.pdf]
Preview
PDF
Download (193kB) | Preview
[thumbnail of Bab_IV.pdf]
Preview
PDF
Download (317kB) | Preview
[thumbnail of Bab_V.pdf]
Preview
PDF
Download (102kB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
PDF
Download (68kB) | Preview

Abstract

Tujuan pendidikan karakter menurut Islam adalah membentuk pribadi yang berakhlak mulia, karena Akhlak mulia adalah pangkal kebaikan. Membina akhlak merupakan bagian yang sangat penting dalam sistem pendidikan nasional, sehingga dalam UU No 20 tahun 2003 dijelaskan bahwa dalam tujuan pendidikan nasional dicantumkan tentang akhlak mulia. dalam lembaga pendidikan, yang bertanggung jawab membina ahlak peserta didik adalah guru terutama guru pendidikan agama islam jadi guru agama islam mempunyai peran dan tugas dalam membina akhlak. Hal ini lah yang mendorong penulis meneliti peran guru pendidikan agama islam dalam membentu karakter peserta didik di kelas II SDIT Insan Kamil Bandar Lampung. Berdasarkan hasil prasurvey yang penulis lakukan diketahui bahwa guru pendidikan agama islam sudah melaksanakan peran dalam membentuk karakter peserta didik, tetapi masih ada peserta didik yang berprilaku kurang terpuji seperti membuang sampah sembarangn, Dari masalah yang teridentifikasi tersebut penulis merumuskan masalah yaitu: Bagaiman peran guru pendidikan agama islam dalam membentuk karekter pesera didik di kelas II SDIT Insan Kamil Bandar Lampung? Sedangkan Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam peran guru pendidikan agama islam dalam membentuk karakter peserta didik di kelas II SDIT Insan Kamil Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, sumber data dipilih secara purposive dan bersifat snowball sampling. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui prosedur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian tentang peran guru pendidikan agama islam dalam membentuk karakter pesert didik di kelas II SDIT Insan Kamil Bandar Lampung ini dapat disimpulkan bahwa guru pendidikan agama islam telah berperan, mendidik, mengajar membimbing, mengarahkan, melatih, memberi tauladan, menilai dan mengevaluasi, dalam membentuk karakter religius, peduli sosial, peduli lingkungan, bersahabat,/komunikatif, disiplin, gemar membaca, cinta damai, tanggung jawab, kerja keras, jujur dan mandiri pada peserta didik, tetapi keberhasilannya belum maksimal dikarenakan ada beberapa faktor penghambat dalam pelaksanaan pembentukan karakter peserta didik yang mempengaruhinya. Karena keberhasilan pembentukan karakter peserta didik tidak semata-mata hanya dari faktor guru tetapi j uga pengaruhi antara lain faktor peran orang tua, pengaruh lingkungan dan yang terpenting adalah faktor internal peserta didik yaitu motivasi dari peserta didik itu sendiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 13 Nov 2017 07:29
Last Modified: 13 Nov 2017 07:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2127

Actions (login required)

View Item View Item