PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SSCS DENGAN PENDEKATAN METAFORA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK

Elfa, Latifatul Janah (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SSCS DENGAN PENDEKATAN METAFORA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI  ELFA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah salah satu kemampuan yang dimiliki peserta didik dalam menyelesaikan masalah melalui beberapa tahap mulai dari tahap memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, menyelesaikan masalah sesuai perencanaan dan memeriksa kembali hasil yang diperoleh. Gaya belajar peserta didik adalah cara peserta didik dalam memahami informasi atau stimulus, cara berpikir dan mengingat serta menyelesaikan masalah. Berdasarkan hasil nilai UTS menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik di SMP 09 Tulang Bawang Tengah masih rendah, ini dilihat dari jawaban peserta didik bagaimana peserta didik mendapatkan informasi sampai menemukan hasil permasalahan. Kendala tersebut diakibatkan peserta didik yang kurang memahami materi belajar yang diajarkan guru, takut bertanya dan juga rasa malas untuk belajar sebab peserta didik tidak memotivasi dan cenderung biasa saja tanpa menumbuhkan kreatifitas peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran SSCS dengan pendekatan metafora dan pembelajaran PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari gaya belajar. Penelitian ini merupakan jenis Quasy Eksperimen Design dengan populasinya peserta didik kelas VIII di SMP N 09 Tulang Bawang Tengah, metode pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes dan angket. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua sel tak sama dengan taraf signifikansi 5%. Uji prasyarat dalam penelitian ini meliputi uji normalitas dan uji homogenitas menggunakan SPSS yang dilakukan sebelum uji hipotesis. Hasil analisis diperoleh nilai p-value (sig.) = 0,037 < 0,05 maka ditolak, p-value (sig.) = 0,035 < 0,05 maka ditolak, p�value (sig.) = 0,732 < 0,05 maka diterima sehingga, hasil analisis dalam penelitian ini yakni (1) terdapat pengaruh model pembelajarn SSCS dengan pendekatan metafora dan pembelajaran model PBL terhadap kemampuan pemecahan maslah matematis. (2) terdapat pengaruh gaya belajar kategori visual, audiotorial dan kinestetik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. (3) tidak iii terdapat interaksi antar faktor model pembelajaran dengan gaya belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Kata kunci : Gaya Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Pendekatan Metafora iv ABTRACT Mathematical problem solving ability is one of the abilities that students have in solving problems through several stages starting from the stage of understanding the problem, compiling a plan of completion, solving problems according to planning and re-examining the results obtained. The learning style of students is the way students understand information or stimuli, ways of thinking and remembering and solving problems. Based on the results of the UTS scores, it shows that the mathematical problem solving ability of students at SMP 09 Tulang Bawang Tengah is still low, this can be seen from the answers of students how students get information to find the results of the problem. These obstacles are caused by students who do not understand the learning material taught by the teacher, are afraid to ask questions and also feel lazy to learn because students are not motivated and tend to be ordinary without fostering student creativity.This study aims to determine whether there is an effect of the SSCS learning model with a metaphorical approach and PBL learning on mathematical problem solving abilities in terms of learning styles. This research is a type of Quasy Experiment Design. The population in this study were students of class VIII at SMP N 09 Tulang Bawang Tengah, the sampling method used a Cluster random sampling technique. The data in this study were collected using tests and questionnaires. Hypothesis testing using analysis of variance of two unequal cells with a significance level of 5%. The prerequisite tests in this study include the normality test and the homogeneity test using SPSS which were carried out before testing the hypothesis. The results of the analysis obtained that p-value (sig.) = 0.037 <0.05 then was rejected, p-value (sig.) = 0.035 <0.05 then was rejected, p-value (sig.) = 0.732 < 0, 05 then is accepted so that, the results of the analysis in this study are (1) there is an effect of the SSCS learning model with a metaphorical approach and PBL model learning on mathematical problem solving abilities. (2) there is an effect of visual, audiotorial and kinesthetic learning styles on mathematical problem solving abilities. (3) there is no interaction between learning model factors and learning styles on mathematical problem solving abilities. Keyword : Learning Style, Mathematical Problem Solving Ability, Metaphorical Approach

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Oct 2022 02:34
Last Modified: 11 Oct 2022 02:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21269

Actions (login required)

View Item View Item