STRATEGI KOMUNIKASI PENYIAR RADIO BINTANG ANGKASA SWARA (BAS) DALAM MENARIK PENDENGAR DI KECAMATAN BANJAR AGUNG

MELINIAR, Afrizal (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PENYIAR RADIO BINTANG ANGKASA SWARA (BAS) DALAM MENARIK PENDENGAR DI KECAMATAN BANJAR AGUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI MELINIAR.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penyiar radio merupakan ujung tombak kesuksesan siaran radio, tentu seorang penyiar harus mampu mengolah dengan bijak sebelum disampaikan kepada pendengar. Agar pesan yang disampaikan dapat diterima dan disukai oleh pendengar, maka penyiar Radio BAS harus memiliki strategi komunikasi yang ia gunakan saat proses siaran atau berkomunikasi dengan pendengar radionya. Teori yang digunakan adalah teori strategi komunikasi, komunikasi massa, dan manajemen penyiaran. Desain penelitian ini adalah studi kasus (case study), metode pendekatan deskriptif kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Menggunakan teknik sampel purposive sampling, lokasi penelitian di Radio BAS Kecamatan Banjar Agung, sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder. Selanjutnya data yang sudah dikumpulkan dianalisis dan diperiksa keabsahan datanya. Hasil penelitian yang didapati yaitu: 1) Radio BAS atau akrab juga dikenal dengan sebutan BAS Radio merupakan induk dari BAS Media Net. 2) Khalayak yang dalam hal ini merupakan pendengar Radio BAS lebih menyukai program siaran dan lagu-lagu lokal yang bertemakan Budaya Jawa. Meskipun konsep dari Radio BAS sendiri adalah program multi segmen. 3) Pendekatan dengan sapaan Kerabat BAS Radio ketika on air dan event offline. 4) Sebagai radio swasta, Radio BAS juga menyajikan informasi dan hiburan. 5) Selain berinteraksi dengan SMS dan mengirim telepon, Radio BAS juga mengikuti perkembangan zaman dengan memanfaatkan Internet, Live Streaming Fb, Ig, Twitter, dan WA. 6) Pemilik Radio BAS yaitu Mas Sudiono memantau dan juga bertindak langsung dalam menyumbangkan ide dan saran. Dan pemantauan ini juga melalui bantuan Mas Kaka Aditya. Simpulannya: Penyiar Radio BAS menggunakan komunikasi sebagai tindakan satu arah, komunikasi sebagai interaksi, dan komunikasi sebagai transaksi pada siaran ataupun saat di luar jam siaran. Dan juga menentukan terlebih dahulu apa perencanaan atau strategi yang akan disiapkan sebelum proses siaran. Dan sesuai juga dengan teori teknik penyampaian pesan di mana Radio BAS pada saat siaran penyiarnya menyampaikan informasi secara informatif, persuasif, dan edukatif. Kedekatan yang terjalin dengan pendengarnya merupakan keberhasilan penyiar Radio BAS dalam proses siaran dan dengan memanfaatkan media sosial dan event-event yang dilakukan menambah dan menjalin tali silaturahmi meskipun dalam jarak yang jauh, serta dengan memperhatikan manajemen penyiaran yang baik maka pendengar akan tertarik untuk mendengarkan dan menjadi bagian dari kerabat Radio BAS. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Penyiar Radio BAS, Pendengar Radio iii ABSTRACT Radio broadcasters are the spearhead of the success of radio broadcasts, of course a broadcaster must be able to process wisely before being conveyed to listeners. In order for the message conveyed to be accepted and liked by listeners, the broadcaster of Radio BAS must have a communication strategy that he uses during the broadcast process or communicates with his radio listeners. The theory used is the theory of communication strategy, mass communication, and broadcast management. The design of this research is a case study, a qualitative descriptive approach, using data collection techniques through observation, interviews, and documentation. Using purposive sampling technique, the research location is at Radio BAS, Banjar Agung District, the data source consists of primary data and secondary data. Furthermore, the data that has been collected is analyzed and checked for the validity of the data. The results of the research are: 1) Radio BAS or also known as BAS Radio is the parent of BAS Media Net. 2) The audience, who in this case are listeners of Radio BAS, prefers broadcast programs and local songs with the theme of Javanese Culture. Although the concept of Radio BAS itself is a multi-segment program. 3) Approach the BAS Radio Relatives greeting when on air and offline events. 4) As a private radio station, Radio BAS also provides information and entertainment. 5) In addition to interacting with SMS and sending telephone calls, Radio BAS also keeps up with the times by utilizing the Internet, Live Streaming Fb, Ig, Twitter, and WA. 6) The owner of BAS Radio, Mas Sudiono, monitors and also acts directly in contributing ideas, suggestions, and this monitoring is also done through the assistance of Mas Kaka Aditya. In conclusion: BAS Radio broadcasters use communication as a one-way action, communication as interaction, and communication as transaction on broadcast or outside of broadcast hours. And also determine in advance what planning or strategy will be prepared before the broadcast process. And it is also in accordance with the theory of message delivery techniques where BAS Radio at the time of broadcasting the broadcaster conveys information in an informative, persuasive, and educative manner. The closeness that exists with their listeners is the success of BAS Radio broadcasters in the broadcast process and by utilizing social media and events that are carried out, they add and establish ties of friendship even though they are far away, and by paying attention to good broadcasting management, listeners will be interested in listening and becoming part of the BAS Radio. Keywords: Communication Strategy, BAS Radio Broadcaster, Radio Listener

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Oct 2022 02:12
Last Modified: 11 Oct 2022 02:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21267

Actions (login required)

View Item View Item