METODE DAN MEDIA DAKWAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Pada Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi Ikatan Pelajar Nahdlotul Ulama-Ikatan Pelajar Putri Nahdlotul Ulama UIN Raden Intan Lampung)

DWI, NOVITA ANGGRAINI (2022) METODE DAN MEDIA DAKWAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Pada Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi Ikatan Pelajar Nahdlotul Ulama-Ikatan Pelajar Putri Nahdlotul Ulama UIN Raden Intan Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI DWI  NOVITA ANGGRAINI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam proses dakwah terdapat beberapa unsur penting untuk mencapai keberhasilan dakwah, dua diantaranya adalah metode dan media dakwah. Tentunya kedua unsur ini harus disesuaikan dengan situsi serta kebutuhan mad’u. Da’i harus mengetahui metode dan media yang cocok untuk jama’ahnya, terutama pada masa pandemi Covid-19 dimana segala kegiatan atau aktivitas kita terbatas. Yang biasanya dakwah dilakukan di masjid dengan jama’ah yang banyak, namun hal ini tidak dapat diterapkan pada masa pandemi. Seperti halnya yang dirasakan oleh Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi Ikatan Pelajar Nahdlotul Ulama – Ikatan Pelajar Putri Nahdlotul Ulama UIN Raden Intan Lampung. Dengan situasi seperti ini maka harus mencari alternatif lain agar proses dakwah dapat tetap berjalan. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode dan media dakwah yang di terapkan pada masa pandemi Covid-19 oleh Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi Ikatan Pelajar Nahdlotul Ulama – Ikatan Pelajar Putri Nahdlotul Ulama UIN Raden Intan Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif menggunakan jenis penelitian lapangan dengan metode pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Populasi dari penelitian ini adalah da’i, pengurus dan anggota Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi Ikatan Pelajar Nahdlotul Ulama – Ikatan Pelajar Putri Nahdlotul Ulama UIN Raden Intan Lampung, yang berjumlah 11 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada perubahan pada metode dakwah yang digunakan Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi Ikatan Pelajar Nahdlotul Ulama – Ikatan Pelajar Putri Nahdlotul Ulama UIN Raden Intan Lampung sebelum pandemi dan pada masa pandemi Covid-19, sedangkan pada media dakwahnya terjadi perubahan dikarenakan sebelum pandemi kegiatan dakwah dilakukan secara offline dan pada masa pandemi dilakukan secara online. Kesimpulannya metode dakwah yang digunakan Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi Ikatan Pelajar Nahdlotul Ulama – Ikatan Pelajar Putri Nahdlotul Ulama UIN Raden Intan Lampung pada masa pandemi Covid-19 adalah metode ceramah, diskusi, karya tulis, bil hikmah dan mauidzah hasanah. Sedangkan media dakwah yang digunakan Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi Ikatan Pelajar Nahdlotul Ulama – Ikatan Pelajar Putri Nahdlotul Ulama UIN Raden Intan Lampung pada masa pandemi Covid�19 adalah melalui media sosial yaitu whatsapp, instagram, youtube, serta layanan komunikasi video grup yaitu google meet dan zoom. Kata kunci: Metode dan media dakwah, pada masa pandemi Covid-19, PKPT IPNU IPPNU.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Oct 2022 03:10
Last Modified: 10 Oct 2022 03:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21264

Actions (login required)

View Item View Item