Kolerasi antar kemampuan menghafal al-qur'an dengan kecerdasan emosional siswa siswi Smp It Insan Mulia Lampung Timur

Hotami mabruri, Sulis (2017) Kolerasi antar kemampuan menghafal al-qur'an dengan kecerdasan emosional siswa siswi Smp It Insan Mulia Lampung Timur. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
PDF
Download (581kB) | Preview
[thumbnail of Halaman_Depan.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Isi.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab_I.pdf]
Preview
PDF
Download (306kB) | Preview
[thumbnail of Bab_II.pdf]
Preview
PDF
Download (411kB) | Preview
[thumbnail of Bab_III.pdf]
Preview
PDF
Download (216kB) | Preview
[thumbnail of Bab_IV.pdf]
Preview
PDF
Download (392kB) | Preview
[thumbnail of Bab_V.pdf]
Preview
PDF
Download (102kB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
PDF
Download (91kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui tingkat kemampuan menghafal Al-Qur’an Siswa-Siswi SMP IT Insan Mulia Batanghari Lampung Timur. 2) Mengetahui tingkat kecerdasan emosional Siswa-Siswi SMP IT Insan Mulia Batanghari Lampung Timur. 3) Mengetahui ada atau tidak adanya hubungan antara kemampuan menghafal Al-Qur’an dengan kecerdasan emosional SMP IT Insan Mulia Batanghari Lampung Timur. Menghafal adalah peroses mengulang sesuatu, yang didapat dari membaca, atau mendengar informasi kedalam ingatan agar dapat diulang kembali.dalam menghafal setiap individu memiliki kemampuan yang berbeda-beda tergantung dari tingkat kecerdasan yang dimiliki, tetapi kunci utama dalam menghafal Al-Qur’an adalah keistiqomahan (keajegan) para penghafal tersebut. Kecerdasan emosional dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang mengelola perasaan dirinya supaya lebih baik serta kemampuan membina hubungan sosialnya. Sedangkan menurut Goleman seseorang dikatakan memiliki kecerdasan emosional mana kala dia memiliki kemampuan untuk mengatur kehidupan emosinya dengan menjaga keselarasan emosi dan pengungkapannya melalui keterampilan kesadaran diri, pengendalian diri, motivasi diri, empati dan keterampilan sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, yakni jenis penelitian yang menggunakan angka dalam mengumpulkan data dan menampilkan hasilnya. Suatu pendekatan penelitian yang bersifat objektif, mencakup pengumpulan dan analisis data kuantitatif serta menggunakan metode pengujian statistik. Metode pengambilan datanya dengan angket, tes dan dikumentasi. Populasi dalam penelitian ini sebesar yakni 42 siswa-siswi SMP IT Insan Mulia Batanghari Lampung Timur. Sedangkan populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi yang hafal juz 30 dengan melihat data buku tahfidz. Adapun hasil dari data yang telah didapat dianlisis dengan analisis korelasi product moment, menunjukkan adanya hubungan positif antara kemampuan menghafal Al-Qur’an dengan kecerdasan emosional siswa-siswi SMP IT Insan Mulia Batanghari Lampung Timur. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan menghafal Al-Qur’an Siswa-Siswi SMP IT Insan Mulia Batanghari Lampung Timur termasuk dalam kategori baik yaitu pada interval 78-83 dengan nilai rata-rata 81,40. 2) Kecerdasan emosional Siswa-Siswi SMP IT Insan Mulia Batanghari Lampung Timur termasuk dalam kategori baik yaitu berada pada interval 81-86 dengan kualitas 84,23. 3) Ada hubungan positif antara kemampuan menghafal Al-Qur’an dengan kecerdasan emosional Siswa-Siswi SMP IT Insan Mulia Batanghari Lampung Timur. ditunjukkan dengan hasil bahwa rxy yang diperoleh dari angket adalah 0,8535, sedangkan rt= 0,304 pada taraf signifikansi 5 %, dan rt = 0,393 pada taraf signifikansi 1 %. Hal ini menunjukkan bahwa rxy lebih besar dari rt. Kemudian dilanjutkan dengan uji signifikansi menggunakan thitung = 10,3590, ttabel= 5% = 1,684 1% = 2,423.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 13 Nov 2017 07:21
Last Modified: 13 Nov 2017 07:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2126

Actions (login required)

View Item View Item