PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS SETS TERHADAP HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILL) PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI EKOSISTEM DI MAN 1 LAMPUNG UTARA

ERNI, OKTAVIA (2022) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS SETS TERHADAP HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILL) PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI EKOSISTEM DI MAN 1 LAMPUNG UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI_FULL ERNI_Oktavia.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Sets Terhadap Hots (Higher Order Thinking Skill) Peserta Didik Kelas X Pada Materi Ekosistem Di Man 1 Lampung Utara Oleh Erni Oktavia Penerapan model pembelajaran yang kurang sesuai dengan kemampuan peserta didik dan latar belakang kemampuan peserta didik sehinga membuat kegiatan pembelajaran tidak optimal sehinga kemampuan Higher Order Thiking Skill peserta didik rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbasis SETS terhadap HOTS (Higher Order Thiking Skill) siswa kelas X pada materi ekosistem di MAN 1 Lampung Utara. Penelitian ini mengacu pada pendekatan penelitian kuantitatif, dimana jenis penelitiannya adalah quasi-experimental design, dengan desain pretest posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA MAN 1 Lampung Utara. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa soal uraian HOTS. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata Posttest HOTS peserta didik dalam kategori tinggi dengan rata-rata N-gain kelas eksperimen sebesar 71 dan rata-rata N-gain kelas kontrol 25. Hasil analisis data menunjukan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Hasil perhitungan hipotesis dengan uji t-independen menunjukan bahwa nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan iv bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning berbasis SETS terhadap HOTS (Higher Order Thinking Skill) peserta didik kelas X pada materi ekosistem di MAN 1 Lampung Utara. Kata Kunci : Problem Based Learning; Science Environment Technology and Society;Higher Order Thinking Skill.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Oct 2022 07:08
Last Modified: 07 Oct 2022 07:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21258

Actions (login required)

View Item View Item