PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DALAM LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTS MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG

Aqilla, Fita Sari (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DALAM LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTS MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL AQILA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak dalam diri peserta didik yang menimbulkan kegiatan belajar, menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar, dan memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki dapat tercapai. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar peserta didik dikarenakan media pembelajaran yang diberikan oleh guru kurang bervariasi sehingga peserta didik merasa jenuh dan bosan dalam proses pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual dalam layanan bimbingan belajar dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik di Mts Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung, untuk mengetahui tingkat motivasi belajar peserta didik di Mts Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung sebelum diberikan layanan bimbingan belajar dengan menggunakan media pembelajaran audio visual, dan untuk mengetahui tingkat motivasi belajar peserta didik di Mts Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung setelah diberikan layanan bimbingan belajar dengan menggunakan media pembelajaran audio visual. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperiment. Sampel dalam penelitian berjumlah 20 peserta didik dengan masing-masing 10 peserta didik berasal dari kelas unggulan dan 10 peserta didik berasal dari kelas reguler yang terbagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penulisan ini yaitu menggunakan angket motivasi belajar, observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai teknik pendukung. Pada kelompok eksperimen, peneliti memberikan layanan bimbingan belajar menggunakan media audio visual seperti video dan power point, sedangkan pada kelompok kontrol peneliti memberikan layanan bimbingan belajar dengan menggunakan media buku dan e-book. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui terdapat peningkatan motivasi belajar setelah dilaksanakan layanan bimbingan belajar menggunakan media pembelajaran audio visual dengan hasil uji t-test menyatakan bahwa nilai sig. lebih kecil dibandingkan nilai 0.05 (0.000 ≤ 0.05), sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya adanya pengaruh layanan bimbingan belajar menggunakan media pembelajaran audio visual untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VII di Mts Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Kemudian didapatkan nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih besar daripada kelompok kontrol (78 ≥ 73,1). Maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan belajar menggunakan media pembelajaran audio visual berpengaruh dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VII di Mts Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Kata kunci: Layanan Bimbingan Belajar, Media Audio Visual, Motivasi Belajar iv ABSTRACT Learning motivation is the overall driving force in students that causes learning activities, ensures the continuity of learning activities, and provides direction to learning activities, so that the desired goals can be achieved. This research is motivated by the low learning motivation of students because the learning media provided by the teacher is less varied so that students feel bored and bored in the learning process. The purpose of this study is to find out how the use of audio-visual learning media in tutoring services can increase students' learning motivation at Mts Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung, to determine the level of learning motivation of students at Mts Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung before being given tutoring services using audio-visual learning media, and to determine the level of learning motivation of students at Mts Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung after being given tutoring services using audio-visual learning media. The research method used in this research is quantitative method with the type of research used is quasi-experimental. The sample in the study amounted to 20 students with 10 students each from the unggulan class and 10 students from the regular class which were divided into 2 groups, namely the control group and the experimental group. The data collection technique used in this paper is to use a learning motivation questionnaire, observation, interviews and documentation as a supporting technique. In the experimental group, researchers provide tutoring services using audio-visual media such as video and power point, while in the control group researchers provide tutoring services using books and e�books. Based on the results of the study, it is known that there is an increase in learning motivation after the implementation of tutoring services using audio-visual learning media with the results of the t-test stating that the value of sig. smaller than the value of 0.05 (0.000 ≤ 0.05), so it can be concluded that H0 is rejected and Ha is accepted. This means that there is an influence of tutoring services using audio�visual learning media to increase the learning motivation of class VII students at Mts Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Then the average value of the experimental group was greater than the control group (78 ≥ 73.1). So it can be concluded that tutoring services using audio-visual learning media have an effect on increasing the learning motivation of class VII students at Mts Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Keywords: Tutoring Service, Audio Visual Media, Learning Motivation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Oct 2022 03:09
Last Modified: 07 Oct 2022 03:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21249

Actions (login required)

View Item View Item