MODEL KONSELING SUFISTIK DENGAN TEKNIK MUHASABAH DIRI UNTUK MENGURANGI PERILAKU MEMBOLOS PADA SANTRI REMAJA DI PONDOK PESANTREN MANBA’UL ULUM GAYAU SAKTI LAMPUNG TENGAH

ISLAKHUL, KHUSNA (2022) MODEL KONSELING SUFISTIK DENGAN TEKNIK MUHASABAH DIRI UNTUK MENGURANGI PERILAKU MEMBOLOS PADA SANTRI REMAJA DI PONDOK PESANTREN MANBA’UL ULUM GAYAU SAKTI LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Perilaku membolos merupakan perilaku yang yang harus segera ditangani, dikarenakan dapat berpengaruh terhadap akademik santri, perilaku yang menyimpang dari aturan Pesantren serta moral pada santri. Fakta ini terjadi di Pondok Pesantren Manba’ul Ulum Gayau Sakti Lampung Tengah. Penelitian ini memiliki rumusan masalah yaitu bagaimana proses konseling sufistik dengan teknik muhasabah untuk mengurangi perilaku membolos pada santri di Pondok Pesantren Manba’ul Ulum? dan adakah pengaruh dari konseling sufistik dengan teknik muhasabah diri untuk mengurangi perilaku membolos pada santri di Pondok Pesantren Manba’ul Ulum?. Penelitian ini mengambil lokasi di Pondok Pesantren Manba’ul Ulum, Desa Gayau Sakti, Lampung Tengah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penerapan konseling sufistik dengan teknik muhasabah diri untuk mengurangi perilaku membolos pada santri dan pengaruh dari konseling sufistik dalam mengurangi perilaku membolos pada santri. Sehingga dapat memperoleh gambaran bagaimana penerapan dan pengaruh konseling sufistik dengan teknik muhasabah diri untuk mengurangi perilaku membolos yang dilakukan oleh santri di Pondok Pesantren Manba’ul Ulum, Desa Gayau Sakti, Lampung Tengah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field Research), dengan pendekatan kualitatif model deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini sebanyak 24 orang informan yang terdiri dari 2 ustadz dan ustadzah, 4 pengurus santri putra, 3 pengurus santri putri, 7 santri putra dan 8 santri putri. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik snowball sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi dengan teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori Al-Mau’izoh Al�Hasanah yaitu teori bimbingan dengan mengambil pelajaran-pelajaran dari perjalanan kehidupan para Nabi dan para Rasul, serta penelitian in juga menggunakan metode dengan terapi muhasabah dimana dalam pendekatan ini bertujuan untuk menciptakan kesadaran diri berupa iii berhati-hati dalam bertindak dan berperilaku, sehingga perilaku yang dilakukan tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konseling sufistik dengan teknik muhasabah diri untuk mengurangi perilaku membolos pada santri di Pondok Pesantren Manba’ul Ulum, Desa Gayau Sakti, Lampung Tengah telah dilaksanakan dengan cukup baik. Namun masih perlu ditingkatkan agar dapat meminimalisir santri yang membolos. Selain itu, pengaruh konseling sufistik dengan teknik muhasabah diri untuk mengurangi perilaku membolos pada santri remaja di Pondok Pesantren Manba’ul Ulum, Desa Gayau Sakti, Lampung Tengah memberikan pengaruh yang cukup baik, terutama dalam kedisiplinan, baik disiplin ibadah, mengaji, piket dan melaksanakan kegiatan lainnya. Kata kunci: Konseling Sufistik, Perilaku Membolos, Teknik Muhasabah Diri iv ABSTRACT Truant behavior is a behavior that must be addressed immediately, because it can affect the academics of students, behavior that deviates from the rules of the Islamic Boarding School and the morals of students. This fact happened at the Manba'ul Ulum Islamic Boarding School Gayau Sakti, Central Lampung. This study has a problem formulation, namely how is the Sufistic counseling process with muhasabah techniques to reduce truancy behavior in students at the Manba'ul Ulum Islamic Boarding School? and is there any influence from Sufistic counseling with self-reflection techniques to reduce truancy behavior on students at the Manba'ul Ulum Islamic Boarding School?. This study took place at the Manba'ul Ulum Islamic Boarding School, Gayau Sakti Village, Central Lampung. The purpose of this study was to determine the process of applying Sufistic counseling with self-reflection techniques to reduce truancy behavior in students and the effect of Sufistic counseling in reducing truancy behavior in students. So that we can get an idea of how the application and influence of Sufistic counseling with self-reflection techniques to reduce truancy behavior carried out by students at the Manba'ul Ulum Islamic Boarding School, Gayau Sakti Village, Central Lampung. The type of research used is field research, with a qualitative descriptive approach. The data sources of this research were 24 informants consisting of 2 ustadz and ustadzah, 4 administrators of male students, 3 administrators of female students, 7 male students and 8 female students. The sampling technique was carried out using the snowball sampling technique. Data collection methods used are in-depth interviews, participatory observation, and documentation with data analysis techniques are data reduction, data presentation, and drawing conclusions. In this study, the researcher uses the theory of Al-Mau'izoh Al�Hasanah, namely the theory of guidance by taking lessons from the life journey of the Prophets and Apostles, and this research also uses an approach to muhasabah therapy which in this approach aims to create self-awareness. in the form of being careful in acting and v behaving, so that the behavior carried out does not harm oneself or others. The results of this study indicate that Sufistic counseling with self�reflection techniques to reduce truancy behavior in students at the Manba'ul Ulum Islamic Boarding School, Gayau Sakti Village, Central Lampung has been implemented quite well. However, it still needs to be improved in order to minimize truant students. In addition, the influence of Sufistic counseling with self-reflection techniques to reduce truancy behavior in adolescent students at the Manba'ul Ulum Islamic Boarding School, Gayau Sakti Village, Central Lampung provides a fairly good influence, especially in discipline, both discipline of worship, reciting, picket and implementing other activities. Keywords: Sufistic Counseling, Truant Behavior, Self-reflection Technique

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Akhlak dan Tasawwuf
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Akhlak dan Tasawwuf
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Oct 2022 02:50
Last Modified: 07 Oct 2022 02:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21247

Actions (login required)

View Item View Item