PERAN PEMIMPIN DALAM MEMBANGUN MANAJEMEN KINERJA BERKUALITAS DI LEMBAGA BAZNAS KABUPATEN LAMPUNG UTARA

ISTI, ANGGRAINI (2022) PERAN PEMIMPIN DALAM MEMBANGUN MANAJEMEN KINERJA BERKUALITAS DI LEMBAGA BAZNAS KABUPATEN LAMPUNG UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Isti Anggraini.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Peran pemimpin adalah kemampuan yang dimiliki oleh seorang pemimpin dengan cara bersikap, berkomunikasi, serta berinteraksi dengan orang orang lain dalam mempengaruhi orang untuk melakukan sesuatu. Peran pemimpin juga diartikan sebagai rangkaian perilaku dalam upaya yang dilakukan pemimpin berkenaan dengan peningkatan kinerja karyawan. Peran pemimpin pada dasarnya mengandung pengertian sebagai suatu perwujudan tingkah laku dari seorang pemimpin yang menyangkut kemampuannya dalam memimpin. Sebuah peran ini memiliki tanggung jawab yang besar tidak hanya sekedar memerintah sesuatu tugas tetapi harus mengarahkan kepada visi dan misi suatu Organisasi atau Lembaga. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah : Bagaimana peran pemimpin dalam membangun manajemen kinerja berkualitas di Lembaga BAZNAS Kabupaten Lampung Utara? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk menguraikan bagaimana peran pemipin H. Amrullah, B.Sh,MA. Dalam membangun manajemen kinerja berkualitas di Lembaga BAZNAS Kabupaten Lampung Utara. Penelitian ini merupakan hasil penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh langsung dari staf atau pengurus BAZNAS mengenai peran pemimpin dalam membangun manajemen kinerja BAZNAS, sedangkkan data sekunder berupa brosur, dokumen-dokumen, foto-foto dan profil Lembaga BAZNAS Kabupaten Lampung Utara. Hasil penelitian dari peran pemimpin dalam membangun manajemen kinerja berkualitas di Lembaga BAZNAS Kabupaten Lampung Utara yaitu : peran pemimpin di BAZNAS memberikan pengaruh dan perubahan yang sangat signifikan dalam hal yang sangat besar untuk kemajuan dan eksistensi lembaga BAZNAS. Pemimpin disini mengedepankan jalinan ikatan persaudaraan antara karyawan satu dengan yang lainnya sehingga terus terbentuknya kekompakkan kinerja tim. Dalam hal komunikasi pemimpin BAZNAS menerapkan pola komunikasi berkharismatik dengan begitu peran pemimpin seperti ini akan membangun manajemen kinerja berkualitas dengan menciptakan pola komunikasi yang terhubung baik antara pemimpin dengan bawahan. Pemimpin dalam membuat keputusan juga dengan mengambil langkah dalam bermusyawarah dimana mendengarkan semua saran yang diberikan dari tim kerja tanpa terkecuali. Untuk meningkatkan kinerja pemimpin di lembaga BAZNAS disini menerapkan ilmu manajemen yang meliputi : perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan. Kata Kunci : “Peran Pemimpin, Manajemen kinerja” . iii ABSTRACT The role of a leader is the ability possessed by a leader by acting, communicating, and interacting with other people in influencing people to do something. The role of the leader is also defined as a series of behaviors in the efforts made by the leader regarding improving employee performance. The role of the leader basically contains an understanding as a manifestation of the behavior of a leader regarding his ability to lead. This role has a freat responsibility not only to command a task but must lead to the vision and mission of an organization or institution. The formulation of the research problem is : what is the role of leaders in building quality performance management at the BAZNAS Institute of North Lampung Regency? While the purpose of this study is to describe how the role of the leader H. Amrullah, B.Sh,MA. In building quality performance management at the North Lampung Regency BAZNAS Institution. This research is the result of field research using qualitative methods. Data collection techniques in this study are: observation, interviews, and documentation. Data sources consist of primary data and secondary data. Primary data were obtained directly from BAZNAS staff or management regarding the role of leaders in developing BAZNAS performance management, while secondary data were in the form of brochures, documents, photos and profiles of the BAZNAS Institution in North Lampung Regency. The results of the research on the role of leaders in building quality performance management at the BAZNAS Institute in North Lampung Regency, namely: the role of leaders in BAZNAS provides a very significant influence and change in a very big way for the progress and existence of the BAZNAS institution. The leader here puts forward the bonds of brotherhood between employees with one another so that team performance continues to form. In terms of communication, BAZNAS leaders apply a charismatic communication pattern, so the role of leaders like this will build quality performance management by creating a well-connected communication pattern between leaders and subordinates. Leaders in making decisions also take steps in deliberation where they listen to all suggestions given from the work team without exception. To improve the performance of leaders in BAZNAS institutions here apply management science which includes: planning, organizing, mobilizing and supervising. Keywords: "Role of Leaders, Performance Management"

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Oct 2022 04:40
Last Modified: 06 Oct 2022 04:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21238

Actions (login required)

View Item View Item